Alibaba pastikan paket bebas COVID-19

Alibaba pastikan paket bebas COVID-19

Head of Logistics Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba, Sun Jian, dalam konferensi pers virtual Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Group, Rabu (11/11/2020). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Head of Logistics Festival Belanja Global 11.11 2020 Alibaba, Sun Jian, memastikan paketan barang pemesanan bebas virus corona.

"Pada banyak market, yang kami lakukan termasuk dalam hal sanitasi, serta tindakan pencegahan COVID di gudang luar negeri," ujar Sun Jian dalam konferensi pers virtual Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Group, Rabu.

Untuk memastikan keamanan, Sun Jian mengatakan gudang Alibaba juga mengikuti protokol kesehatan, seperti yang diterapkan saat momen belanja Tahun Baru Imlek.

"Semua personel akan melakukan pengecekan suhu, dan akan ada sanitasi rutin, serta wajib memakai masker. Kami juga menyediakan alat pelindung diri untuk personel pengiriman," kata Sun Jian.

Baca juga: Alibaba perluas uji coba mobil swakemudi AutoX FCA Pacifica

Baca juga: Gandeng Alibaba, BMW percepat transformasi digital


Sementara itu, Sun Jian mengatakan kedatangan paket dari luar China juga dilakukan sanitasi dan Bea Cukai China juga akan menjalankan tes mengingat kasus baru juga terjadi di China, termasuk di Shanghai.

Untuk pengiriman paket dalam Festival Belanja Global 11.11 tahun ini, Alibaba mengubah cara pengiriman, di mana penjual harus dapat mengirim pesanan barang dalam waktu 48 jam setelah pesanan dilakukan.

Menurut Sun Jian sebagian besar penjual telah dapat memenuhi kebijakan pengiriman tersebut. Tidak hanya itu, Alibaba juga memangkas alur jaringan logistik.

"Jalur utama logistik kami berjalan dengan efisiensi 20 hingga 30 persen lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Sun Jian.

Lebih lanjut, Sun Jian mengungkapkan, sebelumnya kurir harus mengirimkan paket pesanan hingga depan pintu konsumen, namun dalam beberapa tahun terakhir Alibaba menyediakan stasiun penjemputan baran mandiri.

"Tingginya jumlah pengiriman paket, dengan cara ini menjadi lebih efisien dari sebelumnya karena konsumen dapat pergi ke stasiun tersebut untuk mengambil paket mereka," ujar Sun Jian.

"Dengan ini kami melihat peningkatan efisiensi dalam hal kedatangan barang pengiriman dengan 15 hingga 20 persen, yang berarti 24 jam lebih cepat dari sebelumnya," dia menambahkan.

Baca juga: Merek global raup miliaran RMB satu jam pertama Festival Belanja 11-11

Baca juga: Gabungan "Live streaming dan e-commerce" efektif gaet pembeli

Baca juga: Shopee raih 6 kali lipat transaksi saat festival belanja 11.11

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Alibaba perkenalkan robot logistik otonomos di Konferensi Apsara 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar