Bandung (ANTARA News) - Persipura Jayapura U-21 mengalahkan Persik Kediri 2-1 (1-0) pada babak enam besar Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010 U-21 Grup Bandung di Stadion Siliwangi Bandung, Jumat.

Gol kemenangan Persipura dicetak Richard Matui menit ke-23 dan Lukan Mandowen menit ke-80. Sementara gol balasan Persik dicetak Teddy Arief menit ke-47.

Dengan kemenangan itu, Persipura membuka peluang lolos ke semifinal, sedangkan Persik Kediri harus berjuang mati-matian pada pertandingan sisa lawan Persib Bandung, Minggu lusa.

Sementara itu, Persib yang unggul pada laga pertama atas Persipura 3-1, semakin dekat ke semifinal dengan keunggulan selisih gol dari Persipura dengan syarat tidak kalan lebih dari dua gol dari Persik.

Persib memimpin Grup Bandung dengan nilai tiga, disusul Persipura dengan skor sama tiga namun kalah selisih gol.

Apapun hasil pertandingan lawan Persik Kediri, tak berpengaruh bagi Persib Bandung. Sebaliknya bila Persipura harus menunggu hasil pertandingan terakhir itu.

Persipura bisa lolos ke semifinal bila Persik bermain imbang atau bahkan kalah oleh Persib Bandung. Sebaliknya Persik membutuhkan kemenangan minimal selisih dua gol atas Persib untuk bisa melenggang ke semifinal.

"Kami sudah melakukan pertandingan luar biasa sore ini, kami harus menunggu untuk memastikan peluang ke semifinal, kami yakin Persib dan Persik akan berlaga secara profesional di laga terakhir mereka," kata Assisten Pelatih Persipura U-21, Max Olua.

Kunci menenangan tim lawan Persik, kata Max adalah daya juang dan semangat bertanding pemainnya yang terjaga sehingga mampu memanfaatkan kesalahan koordinasi pertahanan lawan.

Sementara itu, Pelatih Persik, Aries menyebutkan, kekalahan timnya 1-2 tidak lepas dari kelengahan lini belakang, terutama saat gol kedua terjadi.

Ia mengakui Persipura bermain bagus, namun setidaknya Persik bisa menahan imbang Persipura bila tidak terjadi blunder pada menit ke-80 yang berbuah gol kedua Persipura.

"Kekalahan ini bukan akhir dari perjalanan tim, Persik masih punya pertandingan lawan Persib. Kami butuh kemenangan dengan selisih dua gol untuk lolos," kata Aries.

Ia menyebutkan, partai enam besar LSI 2010 U-21 di grup Bandung cukup berat, semua tim berimbang. Namun ia optimis bisa memanage kekuatan timnya untuk meraih target pada partai terakhir yang menentukan lawan tim Maung Muda.

"Pertandingan berat, lapangan licin sekali. Kepada pemain kami tekankan kekalahan ini bukan akhir, namun masih ada peluang yang harus diperjuangkan di partai kedua," kata Aries menambahkan.
(T.S033/F002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010