Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura berhasil mengukuhkan diri sebagai tim paling tangguh di grup M dalam kompetisi Piala Indonesia setelah berhasil mengkalahkan tamunya Persik Kediri 4-1 di Stadion Mandala Jayapura.

Gol Persipura dicetak Paulo Rumere (Menit 14), Ortizan Salossa (Menit 22), Qu Ceng (menit 50), dan Ian Luis Kabes (Menit 82). Dengan kemenangan ini, Tim Mutiara Hitam (Julukan Persipura) menjadi tim tertangguh di grup M Piala Indonesia.

Bertanding di Stadion Mandala, tim besutan Jacksen Ferreira Tiago memang terus mengurung pertahanan tim yang berjuluk macan putih.

Gol Paulo Rumere tercipta dari sepakan keras setelah menerima umpan silang dari Ian Luis Kabes. Meski pemain Persik menumpuk, Paulo berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri jala penjaga gawang Persik Kediri Herman Batak.

Pada menit ke-20 Qu Ceng berhasil membuat peluang, sayangnya, tendangannya masih tertahan oleh pemain belakang Persik Ok Jhon. Namun dua menit berselang, Persipura berhasil memperlebar jarak dengan gol yang dicetak oleh Ortizan Salossa dari luar kotak enam belas, sekaligus menutup babak pertama buat keunggulan Persipura 2-0.

Memasuki babak kedua, Persipura tetap memegang kendali permainan, terbukti baru berjalan lima menit, Persipura berhasil jauhkan jarak dengan gol ke tiga yang tercipta lewat kaki penyerang asal China Qu Ceng.

Ketinggalan tiga angka Persik langsung merespon, berawal dari serangan balik yang dilakukan Saktiawan Sinaga dan Sang Shuo membuahkan gol balasan. Sang Shuo yang menerima umpan pendek berhasil mengelabui pemain belakang Persipura berhasil menyarangkan bola ke gawang Persipura yang dijaga Ferdiansyah, sehingga merubah kedudukan menjadi 3-1.

Pada menit 65 Boaz kembali mengancam. Sayangnya, tendangan sudut Boaz yang meluncur ke arah gawang masih bisa dihalau Sulis Budi.

Persipura kembali membuktikan diri layak menyandang gelar sebagai tim terbaik tahun ini. Berawal dari umpan terukur Stevie Bonsapia kepada Ian Luis Kabes yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang. Dengan tenang, Ian Kabes berhasil menceploskan bola sekaligus menutup babak kedua dengan kemenangan Persipura 4-1.

Sementara itu Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan dengan kemenangan ini tim Persipura akan kembali fokus ke Kompetisi Indonesia Super Liga (ISL).

Dia mengaku, meskipun pada laga kali ini menurunkan para pemain muda, permainan yang ditunjukan anak asuhannya sangat bagus.

"Para pemain sudah menunjukan permainan yang sangat melebihi (bagus), ini tentunya kemajuan yang harus dipertahankan," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah kemenangan ini Persipura akan mengambil waktu untuk beristirahat, dan akan kembali berlatih pada Sabtu (15/5) pagi, guna mempersiapkan diri berlaga di ISL 2009/2010 dengan menjamu Persebaya Surabaya Minggu (16/5) di Stadion Mandala, Jayapura.
(KR-ALX/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010