Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura berhasil meraih poin penuh dalam laga lanjutan kompetisi Indonesia Super Liga (ISL) setelah berhasil mengalahkan tamunya Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Mandala Jayapura, Minggu.

Gol Persipura dicetak Boaz Salossa (Menit 15), dan Paulo Rumere (Menit 49). Dengan kemenangan ini, Tim Mutiara Hitam (julukan Persipura) untuk sementara menduduki posisi puncak klasemen sementara ISL setelah lebih unggul selisih gol atas pesaingnya Arema Indonesia.

Bertanding di Stadion Mandala, tim besutan Jacksen Ferreira Tiago terus bermain menyerang pertahanan Persebaya Surabaya.

Gol Boaz Salossa tercipta dari sundulan terarah setelah menerima umpan silang dari Ortizan Salossa. Meski pemain Persebaya menumpuk, Boaz berhasil menyarangkan bola ke sudut kanan jala penjaga gawang Persebaya Saefudin.

Pada menit ke-20 Bio Paulin berhasil membuat peluang, sayangnya, sundulan kerasnya setelah menerima tendangan pojok dari Boaz masih melayang di atas mistar gawang.

Hingga peluit akhir babak pertama usai, kedudukan 1:0 untuk keunggulan Persipura.

Memasuki babak kedua, kedua tim yang sama-sama ingin merebut angka (Poin) penuh saling menyerang. Peluang demi peluang telah diciptakan kedua tim, namun masih gagal membuahkan gol.

Ketinggalan satu angka Persebaya langsung merespon, berawal dari serangan balik yang dilakukan Andiek Firmansyah membuahkan gol bunuh diri. Tendangan keras yang dihempaskan penyerang bertubuh pendek ini berhasil mengenai kaki pemain belakang Persipura Ricardo Salampessy dan bola berhasil bersarang disudut kiri penjaga gawang Persipura Jandry Pitoy, sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1.

Pada menit ke-47 Boaz kembali mengancam. Sayangnya, tendangan sudut Boaz yang meluncur ke arah gawang masih bisa dihalau penjaga gawang Persebaya.

Setelah mendapat gol balasan dari tamunya, Persipura langsung meningkatkan permainan, terbukti Persipura berhasil jauhkan jarak dengan gol yang tercipta lewat kaki Paulo Rumere pada menit ke-49 sekaligus menutup babak kedua dengan kemenangan Persipura 2-1.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan dengan kemenangan ini dirinya sangat bersyukur.

Dia mengaku, pertandingan sisa yang akan dimainkan Persipura sangat berat, namun jika ingin kembali menjadi juara ISL Persipura harus menang terus.

"Para pemain sudah menunjukan permainan yang sangat baik, muda-mudahan semuanya itu dapat terjaga," katanya.

Sementara itu, Pelatih Persebaya Surabay, Rudi Keltjes mengakui bahwa permainan yang ditunjukan anak-anak Persipura sangat bagus.

"Tim Persipura sangat bagus, dimana mereka bisa bermain konsisten hingga pertandingan usai," katanya.

Menurut jadwal, Persipura akan kembali bertanding pada 19 Mei 2010 dengan menjamu tamunya Persik Kediri di Stadion Mandala Jayapura, Papua.(KR-ALX/S005)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010