Jakarta (ANTARA News) - Ketua Bidang Pertanian, Kehutanan, Kelautan, dan Perikanan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Mohammad Jafar Hafsah menilai Andi Mallarangeng adalah kandidat terkuat dari tiga calon ketua umum partai berlambang bintang segitiga merah putih ini.

"Saya melihat Andi memiliki jaringan yang luas serta hubungan yang dekat dengan Pak Yudhoyono (Ketua Dewan Pembinan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, red.)," kata Mohammad Jafar Hafsah di Jakarta, Minggu.

Dalam kurun waktu 2004-2009, kata dia, Andi menjadi juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehingga memiliki hubungan yang sangat dekat.

Dengan potensi tersebut, lanjut dia, para peserta Kongres II Partai Demokrat akan memperhitungkan kedekatan tersebut untuk memilih Andi Mallarangeng.

"Jika terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010-2015, Andi bisa melakukan komunikasi secara efektif dengan Presiden Yudhoyono karena kedekatannya," katanya menegaskan.

Jafar juga optimis Andi yang memiliki relasi luas bisa membangun Partai Demokrat menjadi lebih besar dan memenuhi target perolehan suara 30 persen pada Pemilu 2014.

Diakuinya penilaian terhadap Andi Mallarangeng merupakan pilihan politik meskipun ketiga kandidat ketua umum adalah teman baiknya dan sudah mengenalnya sejak lama.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat ini mengaku mengenal Marzuki Alie pada saat menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2004 dan mengenal Anas Urbaningrum ketika Anas masuk ke Partai Demokrat pada 2005.

"Saya melihat pemilihan ketua umum pada Kongres II Partai Demokrat merupakan proses regenerasi kepemimpinan untuk melanjutkan perjalanan partai lima tahun ke depan," kata anggota Panitia Pengarah Kongres II Partai Demokrat ini.

Diakuinya sebagai kader Partai Demokrat dirinya maupun kader yang lain tentu memiliki pilihan politik meskipun disuarakan atau tidak.

Dengan pilihan politik tersebut, dirinya tidak berharap apa-apa jika Andi Mallarangeng terpilih sebagai ketua umum.

Kongres II Partai Demokrat akan diselenggarakan di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada 21-23 Mei 2010. (*)

(T.R024/D007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010