Jakarta (ANTARA News) - Mantan pelatih Persela Lamongan Widodo Cahyono Putro terpilih menjadi asisten pelatih timnas Indonesia untuk mendampingi pelatih kepala Alfred Riedl.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arief di Jakarta, Selasa mengatakan, keputusan itu diperoleh setelah menseleksi beberapa orang dan berkoordinasi dengan pelatih.

"Keputusan diperoleh baru tadi malam. Dari hasil koordinasi ditetapkan Widodo sebagai asisten pelatih," katanya di sela konpres BTN dan pelatih timnas di Kantor PSSI Jakarta.

Menurut dia, selain memutuskan asisten pelatih lokal, BTN juga menetapkan pelatih kiper yaitu Edi Harto untuk mendampingi Alfred Riedl selama dikontrak menjadi pelatih timnas Indonesia.

Dengan dipilihnya mantan asisten pelatih timnas di era kepelatihan Benny Dolo itu maka Alfred Riedl memiliki dua asisten. Sebelumnya Riedl menetapkan Wolfgang Pikal sebagai asisten.

"Selain memilih dua asisten, BTN juga menetapkan seorang fisioterapis yang akan mendampingi timnas," katanya menambahkan.

Ia menambahkan, ada tiga pertimbangan dipilihanya Widodo Cahyono Putro yaitu mantan pelatih, mantan asisten pelatih timnas dan masih berusia muda. Hal itu sesuai dengan keinginan Riedl.

Beberapa mantan pelatih klub yang mengikuti seleksi untuk menjadi asisten timnas diantaranya adalah Jaya Hartono, Herry Kiswanto, Fachri Husaini dan Danurwindo.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan BTN, proses trainning camp bagi pemain timnas akan dimulai 14 Agustus-1 Desember.

Sebelumnya tim pelatih serta tim Scouting akan melakukan seleksi pemain didua tempat. Dalam seleksi pertama digelar 2-3 Juni di Makassar dan 6-7 Juni di Jakarta.  Total pemain yang diseleksi sebanyak 46 pemain.

Timnas dibawah pelatih Alfred Riedl ditargetkan mampu membawa timnas Indonesia baik senior dan U-23 menjuari beberapa kejuaraan intenasional diantaranya Piala AFF dan SEA Games 2011.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010