Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura meraih poin penuh dalam laga lanjutan kompetisi Indonesia Super Liga (ISL) setelah menang tipis atas tamunya Persik Kediri 1-0 di Stadion Mandala Jayapura, Rabu.

Gol Persipura dicetak Ian Luis Kabes pada menit ke-82. Dengan kemenangan ini, Tim Mutiara Hitam untuk sementara kembali menduduki posisi puncak klasemen sementara ISL setelah lebih unggul selisih gol atas pesaingnya Arema Malang.

Sejak awal dibunyikannya pluit babak pertama oleh wasit Ijis Purnama, kedua tim langsung membangun serangan dengan mengandalkan strategi masing-masing.

Menit ke-10 Boaz Salossa menciptakan peluang lewat sundulan kerasnya, namun bola yang mengarah masih menyentuh mistar gawang Persik yang di jaga Fauzy Toldo.

Dengan melihat pertahanan belakangnya dikepung oleh Persipura, Persik Kediri mencoba keluar dari tekanan. Alhasil pada menit ke-30

Penyerang Persik asal China Zhang Shuo berhasil menciptakan peluang, namun tendangannya masih melebar ke sisi kiri gawang Persipura yang di jaga Jendry Pitoy.

Bertanding di Stadion Mandala, tim besutan Jacksen Ferreira Tiago terus bermain menyerang pertahanan Persik Kediri.

Pada menit ke-38 Paulo Rumere kembali membuat peluang, sayangnya, sepakan kerasnya setelah menerima umpan silang Stevi Bonsapia masih bisa ditepis penjaga gawang Persik Kediri. Sekaligus menutup babak pertama dengan imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, kedua tim yang sama-sama ingin merebut Poin penuh saling menyerang. Peluang demi peluang telah diciptakan kedua tim, namun masih gagal membuahkan gol.

Pada menit ke-47 Boaz kembali mengancam. Sayangnya, tendangan Boaz lagi-lagi mengenai mistar gawang Persik.

Persipura baru berhasil membuahkan gol di menit 82 setelah Ian Luis Kabes dijatuhkan pemain belakang Persik Ok Jhon diluar area pinalti. Dari jarak tujuh meter Ian Kabes yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menyarangkan bola di sisi kanan gawang Persik sekaligus menutup babak kedua dengan kemenangan Persipura 1-0.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan dengan kemenangan ini dirinya sangat bersyukur.

Ketika disinggung sola permainan Persipura, Jacksen menilai anak asuhannya tidak bermain bagus, dimana setiap para pemain masih mengandalkan kemampuan sendiri-sendiri.

"Permainan yang yang terjadi di lapangan jauh dari ciri khas permainan Persipura. Namun Tuhan masih memberi kesempatan kepada kami dengan memberikan satu gol," ujarnya.

Dengan kemenangan ini, ujar Jacksen, setiap pemain akan diberikan bonus istirahat selama tiga hari.

"Saya akan memberikan libur dari hari Kamis, Jumat dan Minggu. Hal ini saya ambil untuk memberikan kesempatan kepada para pemain untuk mengembalikan stamina dan bertemu keluarga mereka masing-masing," ujarnya.

Menurut jadwal, Persipura akan kembali bertanding pada 30 Mei 2010 dengan menjamu tamunya Persiwa Wamena di Stadion Mandala Jayapura, Papua
(KR-ALX/A020)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010