Bandung (ANTARA News) - Kegiatan "Job Fair 2010" yang diadakan oleh BNP2TKI dan BP3TKI serta Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, di Be Mall Jalan Naripan Bandung, dari Sabtu hingga Minggu (29-30 Mei 2010) menyediakan 12 ribu lowongan kerja dalam dan luar negeri.

Acara tersebut, dibuka oleh Wali kota Bandung, Dada Rosada dan dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, Ir Hj Hibarni Andam Dewi, mengatakan, dalam job fair tersebut lowongan yang tesedia di luar negeri merupakan profesi formal atau non penata laksana rumah tangga.

"Sedangkan untuk dalam negeri, lowongan yang tersedia diantaranya sektor farmasi, perbankan, ritel, industri, telekomunikasi," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan pencari kerja dengan pengguna, yakni baik dalam maupun luar negeri.

Pihaknya berharap dengan pertemuan tersebut dapat mengurangi jumlah TKI yang bermasalah dan juga untuk menyalurkan tenga kerja melalui prosedur yang benar serta legal.

"Dengan adanya acara ini, maka para calon TKI dan masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan bursa kerja itu," ujarnya.

Dalam acara tersebut, diikuti oleh sekitar 30 perusahaan dalam negeri dan 40 perusahaan pengiriman tenaga kerja indonesia swasta (PPTKIS).
(KR-ASJ/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010