Jakarta (ANTARA) - Bintang Minnesota Timberwolves Karl-Anthony Towns pada Jumat mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif COVID-19.

Pengumumannya terjadi tidak lama setelah NBA mengumumkan pertandingan antara Timberwolves dan tim tamu Memphis Grizzlies, Jumat, ditunda karena protokol kesehatan dan keselamatan COVID-19 liga.

NBA mengatakan Minnesota tidak mempunyai delapan pemain yang wajib tersedia karena pelacakan kontak di dalam tim tersebut.

Towns tertekan dengan hasil positifnya karena ibunya, Jacqueline Cruz-Towns yang berusia 59 tahun, meninggal karena komplikasi dari COVID-19 pada 13 April.

Baca juga: Hadiri pesta tanpa kenakan masker, NBA denda Kyrie Irving
Baca juga: Nikola Jokic cetak triple-double saat Nuggets kalahkan Warriors


"Menjelang pertandingan malam ini, saya menerima telepon mengerikan berikutnya bahwa saya dinyatakan positif COVID," kata Towns dalam pengumumannya melalui Twitter yang dikutip Reuters, Sabtu.

 "Saya akan segera mengisolasi dan mengikuti setiap protokol. Saya berdoa setiap hari bahwa mimpi buruk virus ini akan mereda dan saya mohon setiap orang untuk terus menganggap ini serius dengan melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan.

"... Membuat hati saya hancur bahwa keluarga saya, dan khususnya ayah dan saudara perempuan saya terus menderita kecemasan yang datang bersama diagnosa ini karena kami semua tahu betul apa hasil akhir yang mungkin terjadi. Kepada keponakan saya ... saya berjanji kepada kalian saya tidak akan berakhir dalam peti di sebelah nenek dan saya akan mengalahkannya."

Towns telah terbuka dan jujur mengenai pengalaman keluarganya dengan COVID-19. Ia mengatakan pada Desember bahwa tujuh anggota keluarganya telah meninggal karena virus tersebut.

Baca juga: Raptors kalahkan Hornets, Rockets kejutkan Spurs
Baca juga: Shake Milton antar 76ers bungkam Heat 125-108


"Saya hanya tahu apa yang terjadi sejak 13 April," kata Towns saat itu. "Karena Anda mungkin melihatku tersenyum dan semacamnya, tapi Karl meninggal pada 13 April. Ia tidak akan pernah kembali lagi."

Minnesota belum membocorkan siapa saja yang tidak bisa bermain pada Jumat tapi laporan cedera tim mendaftarkan point guard Ricky Rubio dan forward Juancho Hernangomez dinyatakan absen karena protokol kesehatan dan keselamatan.

Towns (25), baru bermain dalam empat pertandingan musim ini setelah menderita cedera pergelangan tangan awal musim ini. Ia rata-rata menghasilkan 22 poin, 12,5 rebound dan 4,3 assist.

Pertandingan Jumat akan menjadi pertandingan ulang laga Rabu di mana Memphis mengalahkan Minnesota 118-107.

Pertandingan Timberwolves-Grizzlies adalah laga ketiga yang dijadwalkan pada Jumat dan yang ke-13 dalam liga yang ditunda musim ini.

Jadwal pertandingan Grizzlies selanjutnya adalah Sabtu di kandang melawan Philadelphia 76ers. Timberwolves berikutnya akan menghadapi Atlanta Hawks pada laga tandang Senin.

Baca juga: Nets resmi umumkan kedatangan James Harden
Baca juga: NBA selidiki video pesta Irving terkait pelanggaran protokol kesehatan

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021