Piala Belanda

Zakaria Labyad antar Ajax lewati AZ di Piala KNVB

Zakaria Labyad antar Ajax lewati AZ di Piala KNVB

Para pemain Ajax merayakan gol yang dicetak Zakaria Labyad (di tengah kerumunan) ke gawang AZ Alkmaar dalam laga 16 besar Piala KNVB di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Rabu (20/1/2021) waktu setempat. ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak.

Jakarta (ANTARA) - Gelandang serang Zakaria Labyad mengantarkan Ajax melewati AZ Alkmaar dalam pertandingan 16 besar Piala KNVB seusai golnya memastikan kemenangan 1-0 di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dimainkan sebagai penyerang tengah dalam pertandingan tersebut, Labyad mencetak golnya pada menit ke-34 dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Jurgen Ekkelenkamp yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper Marco Bizot, demikian catatan laman resmi KNVB.

Pertandingan itu sekaligus menandai kali pertama kiper Maarten Stekelenburg kembali berada di bawah mistar gawang Ajax setelah hampir satu dekade lamanya.

Baca juga: Maarten Stekelenburg gabung lagi dengan Ajax mulai Agustus

Stekelenburg terakhir kali terakhir kali tampil bersama Ajax pada 10 Maret 2011 sebelum mengembara ke Italia, Inggris dan Prancis.

Momen itu hampir dirusak oleh Myron Boadu yang mampu menceploskan bola ke gawang Stekelenburg pada pertengahan babak kedua.

Namun, gol itu dianulir oleh wasit Jochem Kamphuis yang menyadari Boadu menggunakan tangannya untuk menyelesaikan bola tendangan bebas Teun Koopmeiners.

Pada menit ke-75 Boadu hampir memperoleh peluang, tetapi sebelum berhadapan satu lawan satu dengan Stekelenburg, hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Baca juga: Ajax menang tipis atas Feyenoord dalam derbi De Klassieker
Baca juga: PSV dipecundangi AZ Alkmaar 1-3 sekaligus gagal geser Ajax dari puncak


Di pengujung laga, Ryan Gravenberch hampir mengunci kemenangan Ajax lebih awal jika saja tembakannya tak membentur tiang gawang sebelum

Manajer AZ Pascal Jansen berusaha mencari gol penyama kedudukan dengan memasukkan talenta muda Hakon Evjen menggantikan Albert Gudmundsson tetapi gol yang mereka harap tak kunjung lahir dan skor 1-0 bagi Ajax bertahan hingga bubaran.

Hasil itu memastikan Ajax akan menjadi tuan rumah dalam laga perempat final nantinya, berdasar hasil pengundian yang sudah dilakukan lebih awal.

Lawan Ajax baru akan ditentukan pada pengundian babak perempat final yang lebih lengkap dan dilakukan menyusul.

Baca juga: Feyenoord dan Heerenveen lanjut ke perempat final Piala KNVB
Baca juga: KNVB terpaksa patuhi larangan penonton dari pemerintah Belanda

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar