Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat membangun partisipasi masyarakat dalam penegakan hukum, termasuk mengawasi penerapan tilang elektronik dan penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui aplikasi ayam.com.

Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Eko Budi Sampurno, Rabu, mengklaim aplikasi ayam.com tersebut merupakan aplikasi pertama di dunia.

Aplikasi media berita yang dibuat oleh Polda Sulbar itu lanjutnya, berbasis jurnalis netizen.

"Jadi, siapapun bisa menjadi jurnalis bagi dirinya sendiri atau orang lain, termasuk para wartawan dan masyarakat bisa menjadi jurnalis nitizen," kata Eko Budi Sampurno.

Baca juga: Polda Kaltim luncurkan aplikasi LembuSwana untuk cegah karhutla
Baca juga: KKP gunakan aplikasi e-ZI untuk perkuat pengawasan zona integritas
Baca juga: Polda Kalteng luncurkan aplikasi Saber Pungli


"Dengan berperan aktif mengunggah kegiatan atau gambar sekilas kejadian pelanggaran yang bisa langsung mendapat respon dari Polri, seperti pada penerapan tilang elektronik," tambahnya.

Melalui aplikasi itu kata Kapolda, masyarakat bisa mengirim gambar pelanggaran- pelanggaran berlalu lintas maupun bagi pelanggar protokol kesehatan yang akan segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

"Aplikasi ini bisa di download melalui Play Store. Cara penggunaanya sama dengan Instagram," tutur Eko Budi Sampurno.

Pada aplikasi itu tambahnya, ada menu Untukmu yang merupakan layanan pemberitaan masyarakat, pelayanan publik, undang- undang, edukasi, imunitas tubuh, kampung ule, gambar tentang pemberitaan baik internasional maupun nasional termasuk berita-berita dari Sulbar.

"Untuk tilang elektronik berkaitan dengan ayam.com, masyarakat bisa mengirim gambar pelanggaran lalu lintas ke ayam.com," kata Eko Budi Sampurno.

Dari pantauan hingga Rabu, aplikasi ayam.com yang tersedia di Play Store sudah diunduh 1.000 pengguna dengan mendapatkan penilaian 679 ulasan.

Pada aplikasi tersebut, terdapat enam menu utama, yakni Untukmu, Tren, COVID-19, Gakum, Perempuan dan Anak serta Pendidikan.

Aplikasi Polda Sulbar tersebut mendapat respon positif dari masyarakat.

Dari 679, ulasan, hanya ada satu ulasan dari pengguna yang mempertanyakan kesulitan menggunakan email.

Sementara, sebagian besar pengguna memberikan respon positif dan mengapresiasi terobosan yang dilakukan Polda Sulbar.

"Sangat layak karena dapat memberikan informasi-infomasi terbaru tentang apa yang sedang marak terjadi di wilayah hukum Polda Sulbar, serta dapat meredam berita 'hoaks' atau berita bohong di tengah masyarakat," kata salah seorang pengguna aplikasi ayam.com Amsal Riswanto.
 

Pewarta: Amirullah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021