Jayapura, (ANTARA News) - Ratusan penari tradisional yang akan tampil pada Festival Danau Sentani (FDS) kini sedang berlatih untuk menyambut kedatangan Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Mgr Leopoldo Girelli yang menurut rencana mengunjungi arena FDS pada Minggu (13/6) nanti.

Ketua Panitia FDS 2010 Ir Anna H.O.S.Sawai kepada ANTARA di Jayapura,Minggu membenarkan bahwa para penari tradisional yang selama ini berlatih untuk tampil pada pesta budaya akbar FDS di Kawasan wisata Kalkote,Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada 19-23 Juni nanti kini berkonsentrasi berlatih untuk menyambut kedatangan Nuncius Apostolik (Dubes) Takhta Suci Vatikan itu.

"Para penari tradisional ini sedang berlatih.Mereka akan meriahkan acara kunjungan Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli ke arena FDS. Dubes Vatikan sangat menghargai kebudayaan dan tradisi masyarakat asli Papua sebagai bagian integral kehidupan manusia itu sendiri. Berbicara tentang manusia Papua berarti berbicara tentang tradisi dan kebudayannya," kata Anna H.O.S Sawai.

Menurut dia, karena kunjungan Dubes Vatikan ke kawasan wisata Kalkote bertepatan dengan aktivitas persiapan pesta budaya Danau Sentani atau seminggu sebelum FDS maka wajar saja kalau kedatangan Dubes Vatikan itu ke Kalkote dianggap sebagai gladi bersih pelaksanaan perhelatan akbar pesta budaya itu.

"Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli datang ke arena FDS pada Minggu 13 Juni atau seminggu sebelum pesta budaya Danau Sentani sehingga akan tampak kemeriahaan di arena FDS tersebut," katanya.

Pada perhelatan Festival Danau Sentani nanti, masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai tarian tradisional dan sendra tari "keping-keping rahasia Danau Sentani" di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara.

Setelah berada selama sekitar 25 menit di arena festival, Dubes Vatikan dbersama rombongan para pastor dan biarawati,pemuka umat yang berjumlah sekitar 50 orang akan menaiki kapal pesiar untuk mengitari danau tersebut dan mengunjungi beberapa kampung wisata yang terletak di bibir danau.

"Fieldtrip keliling Danau Sentani berlangsung sekitar dua jam dan setelah itu kapal pesiar yang ditumpangi rombongan Dubes Vatikan akan mendarat di bibir danau dan selanjutnya beristirahat di Restoran Dapur Papua," kata Anna.

Di restoran ini, Dubes Vatikan bersama rombongan akan dijamu santap malam oleh Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae bersama keluarga dan kerabatnya serta para pemuka agama di wilayah ini.

Menurut rencana, rombongan Dubes Vatikan akan mendapat penjelasan dari Bupati Habel Melkias Suwae mengenai program pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Jayapura khususnya Festival Danau Sentani serta berbagai program pemberdayaan masyarakat kampung yang selama ini dilaksanakan pemerintah bersama rakyat.

"Pada kesempatan jamuan makan malam bersama itu, tentu saja akan ada acara pertukaran cendera mata dan foto bersama Dubes Vatikan dengan keluarga Bapak habel serta foto bersama Dubes dengan para pemuka agama," katanya.(*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2010