Jakarta (ANTARA News) - News Corp melebarkan sayapnya ke pasar perangkat baca digital dengan mengakuisi Skiff, sebuah perusahaan hasil spin off dari Hearst Corporation, yang mendistribusikan konten surat kabar dan majalah melalui e-reader dan perangkat lainnya.

News Corp yang dimiliki Rupert Murdoch juga mengatakan Senin (14/6) bahwa perusahaan itu melakukan investasi di Jurnalisme Online, sebuah perusahaan yang membantu penerbit menuai pendapatan dari berita online.

Nilai keuangan kesepakatan tersebut tidak diungkapkan.

Investasi terbaru News Corp menggarisbawahi keseriusan perusahaan tentang pengisian berita online dan pengiriman konten ke berbagai perangkat.

Rupert Murdoch, Chairman News Corp telah mengutarakan rencana membuat pembaca membayar untuk berita online, berharap mengikuti model perusahaan Wall Street Journal soal rencana layanan berlangganan online.

The Times London, milik News Corp, menerapkan rencana layanan berbayar website berita dalam bulan ini.

Kesepakatan Skiff hanya mencakup platform distribusi perangkat lunak dan tidak termasuk perangkat e-reader, yang belum dijual kepada publik. Pasar perangkat semakin padat dengan persaingan dari Amazon Kindle, Sony Corp Reader, Barnes & Noble Nook dan tablet iPad Apple.

Melalui Skiff, News Corp berharap untuk menjadi lebih baik dalam mendistribusikan konten tidak hanya untuk pasar yang sudah padat, e-reader, tetapi juga untuk ponsel pintar dan netbook.

Jurnalisme Online didirikan oleh mantan penerbit Wall Street Journal, L. Gordon Crovitz, pendiri Court-TV Steven Brill dan mantan eksekutif perusahaan kabel Leo Jr Hindery.

Perusahaan memberikan layanan membantu pendapatan penerbit dari konten dalam berbagai cara, termasuk langganan dan micropayments untuk mengakses artikel.

News Corp juga menunjuk Jon Housman untuk posisi yang baru dibuat, presiden inisiatif jurnalisme digital, demikian Reuters.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010