Saham Hong Kong naik ditopang sektor keuangan

Saham Hong Kong naik ditopang sektor keuangan

Ilustrasi - Seorang pejalan kaki melihat layar pergerakan perdagangan saham Indeks Hang Seng di Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Bobby Yip/am.

Jakarta (ANTARA) - Indeks Hang Seng Hong Kong naik pada Selasa, dalam sesi yang relatif tenang karena saham perusahaan keuangan menguat (rebound) setelah dua hari berada di zona merah serta data perdagangan China yang kuat pada Maret mengangkat kepercayaan investor atas pemulihan global.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng naik 43,97 poin atau 0,15 persen menjadi 28.497,25. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,22 persen menjadi 10.850,53.

Sekitar 2,06 miliar saham indeks Hang Seng diperdagangkan, hanya sekitar 81,2 persen dari rata-rata pergerakan pasar 30 hari sebanyak 2,54 miliar saham per hari.

Ekspor China tumbuh kuat pada bulan Maret karena meningkatnya permintaan global seiring dengan kemajuan vaksinasi COVID-19, dan pertumbuhan impor mencapai level tertinggi empat tahun, menambah tanda-tanda pemulihan yang menguat di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

China akan menjaga kontinuitas, stabilitas, dan keberlanjutan kebijakan ekonominya, Sun Guofeng, kepala departemen kebijakan moneter di Bank Sentral China, mengatakan pada hari Senin.

Sub-indeks saham energi pelacakan Hang Seng naik 0,4 persen, sektor keuangan berakhir 1,1 persen lebih tinggi dan sektor properti naik 1,07 persen.

Saham teknologi terus melemah, dengan indeks Hang Seng TECH merosot 1,6 persen, sehari setelah China memberlakukan restrukturisasi besar-besaran pada Grup Ant Jack Ma, konglomerat fintech yang rekor IPO 37 miliar dolar AS tergelincir oleh regulator pada November lalu.

Tiga penurunan persentase saham-H terbesar adalah Meituan, yang turun 7,44 persen, JD.Com Inc, yang turun 3,49 persen dan Kuaishou Technology, turun 3,14 persen.

Alibaba Group Holding Ltd merangkak 0,43 persen lebih tinggi, membawa keuntungannya untuk minggu ini menjadi hampir 7 persen setelah didenda 2,75 miliar dolar AS oleh regulator karena menyalahgunakan dominasi pasarnya. Pelaku pasar mengatakan ekspektasi tindakan regulasi sebagian besar telah ditentukan sebelum denda.

Indeks Shanghai Composite utama China ditutup turun 0,48 persen pada 3.396,47 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 berakhir turun 0,16 persen.

Baca juga: Saham Hong Kong dibuka menguat, indeks HSI terdongkrak 0,37 persen
Baca juga: Saham Hong Kong anjlok, dipicu sinyal pengetatan likuiditas China
Baca juga: Saham Hong Kong turun karena kekhawatiran ketegangan Tiongkok-AS


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waskita Karya jual saham tol di Sumut ke investor Hong Kong Rp824 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar