Jakarta (ANTARA) - Kembalinya Novak Djokovic dalam ajang ATP 250 Serbia Open membuat petenis peringkat pertama dunia itu merasa emosional, karena mengingatkannya pada masa awal menjajaki karier tenis profesional yang telah mengantarkannya pada 18 gelar Grand Slam sekarang.

Terakhir kali Djokovic berkompetisi di Beograd ialah sepuluh tahun silam, saat ia hanya memenangkan dua gelar Grand Slam dan menduduki peringkat satu dunia versi ATP.

"Saya menjadi sangat emosional ketika bermain di kandang. Dulu saya bermain dari 2009 hingga 2012 dan memenangkan dua di antaranya. Bermain di hadapan keluarga, teman, merupakan hal yang jarang terjadi. Rasanya sangat istimewa bermain di kampung halaman," kata Djokovic seperti dikutip dari ATP Tour, Rabu.

Baca juga: Djokovic kecewa berat setelah dikalahkan Evans di 16 besar Monte Carlo 

Baca juga: Evans beri kejutan dengan kalahkan Djokovic di Monte Carlo 


Karena pandemi COVID-19, tidak banyak penggemar yang mengikuti setiap gerakan Djokovic di Novak Tennis Center. Namun ia mengaku akan tetap bersemangat saat tampil di kandang sendiri.

"Saya hanya mencoba untuk menikmati setiap detik berada di negara saya bersama keluarga, ada orang tua yang saat ini jarang saya temui karena larangan bepergian dan sebagainya. Ada banyak kenangan dari masa lalu, tentang bagaimana saya memulai semuanya," tutur Djokovic. 

Lima dari delapan unggulan sektor tunggal berasal dari Serbia, dan delapan petenis tersebut akan memulai undian utama turnamen itu. 

"Saya sangat senang melihat undian ini dipenuhi petenis Serbia, semua pemain tenis putra terbaik Serbia ada di sini. Pasti akan ada beberapa pertandingan di antara kami, semoga saya bisa bermain di perempat final melawan salah satu dari mereka," ungkap Djokovic. 

Djokovic, yang akan melawan Roberto Carballes Baena atau Soonwoo Kwon, selanjutnya bisa saja menghadapi unggulan kedelapan Miomir Kecmanovic pada partai perempat final. Unggulan kesembilan Laslo Djere juga berada dalam undian tersebut. 

Baca juga: Nadal dan Djokovic rindu kehadiran penggemar di stadion 
Baca juga: Djokovic puji penampilan Sinner di Monte Carlo 
Baca juga: Djokovic: Sinner sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi juara 

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021