Kupang (ANTARA News) - PT Angkasa Pura II Bandara El Tari Kupang akan menyiagakan 15 pesawat dari berbagai macam maskapai penerbangan untuk melayani arus mudik Lebaran 2010 dari Nusa Tenggara Timur.

Manager Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II Bandara El Tari Kupang I Komang Sudiarta Kamis mengatakan, dari 15 armada pesawat tersebut, sembilan diantaranya pesawat berukuran besar dengan kapasitas diatas 100 penumpang.

Sementara, enam armada lainnya merupakan jenis pesawat ukuran sedang dengan kapasitas muatan di bawah 100 orang penumpang, katanya.

Menurut dia arus mudik Lebaran dari tahun ke tahun melalui Bandara El Tari Kupang selalu mengalami lonjakan sekitar 20 persen dari keadaan normal.

Dalam kaitan itu, kata Komang Sudiarta, pihaknya menyerahkan mekanismenya kepada semua operator maskapai penerbangan untuk mengantisipasi, seperti dengan menambah armada serta melakukan extra flight untuk melayani lonjakan penumpang pada saat itu.

Sementara PT Angkasa Pura II Bandara El Tari Kupang, tambahnya, berkonsentrasi pada persiapan fasilitas penerbangan seperti terminal, taxi dan run way serta fasilitas lain yang berhubungan dengan kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Menurut dia para pemudik yang menggunakan jasa angkutan udara pada perayaan Idul Fitri 2009 meningkat sekitar 23 persen lebih, jika dibandingkan dengan mudik Lebaran 2008.

Ia menambahkan peningkatan arus mudik yang menggunakan jasa pesawat terbang itu dibarengi pula dengan penambahan armada penerbangan sekitar 183 persen atau dari enam pesawat pada 2008 menjadi 12 pesawat pada 2009.

Menurut dia, meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan udara ini mengindikasikan adanya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, selain ingin segera tiba di tempat tujuan.

"Jika pada tahun-tahun sebelumnya jasa angkutan udara hanya digunakan oleh masyarakat kelas atas, sekarang masyarakat kelas menengah ke bawah hingga petani dan tukang ojek pun menggunakan jasa angkutan udara untuk mudik Lebaran," katanya.

Pada musim Lebaran 2008, misalnya, arus kedatangan penumpang di Bandara El Tari Kupang sekitar 409 orang dengan menggunakan jasa enam buah pesawat terbang.

Sedang, pada 2009, kata Komang Sudiarta membandingkan, arus kedatangan penumpang justru meningkat menjadi 731 orang dengan menggunakan jasa angkutan udara sebanyak 12 buah, yang melayani rute penerbangan dari dan ke Kupang dan kota lain di NTT dan Indonesia.

(ANT-084/L003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010