Palembang (ANTARA News) - Sriwijaya Football Club menang telak 6-0 atas Persib Bandung pada laga terakhir penyisihan grup B Inter Island Cup, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu malam.

Berdasarkan hasil ini, "Laskar Wong Kito" menjadi juara grup B dan melenggang ke partai final IIC dan berjumpa Persiwa Wamena sebagai juara grup A, di Palembang, 5 September 2010.

Sejak kick off dimulai pukul 21.15 wib Sriwijaya Football Club (SFC) agresif menyerang, sementara Persib hanya berusaha mengimbangi.

Setelah berjibaku sejak menit-menit awal, akhirnya SFC dapat menjebol gawang Persib di menit 11 melalui striker Budi Sudarsono yang memanfaatkan kemelut di mulut gawang. Kedudukan 1-0 untuk SFC.

Belum sempat mengembalikan ritme permainan, Persib kembali dikejutkan oleh gol Budi Sudarsono yang hanya berselang satu menit setelah gol pertama tadi.

Si Ular Piton, julukan Budi Sudarsono, tememanfaatkan hadiah tendangan bebas, dapat melepaskan tendangan keras ke sudut kiri gawang Persib yang tidak dapat dihalau kiper Dedy Heryanto. Kedudukan berubah 2-0 untuk "Laskar Wong Kito".

Tak puas dengan hanya mengkoleksi dua gol, Budi kembali menjebol gawang Persib di menit 22 setelah memanfaatkan umpan silang dari striker asal Korea Selatan Park Jung Hwan. SFC menambah keunggulan menjadi 3-0.

Berselang tiga menit, giliran Park yang menjebol gawang "Maung Bandung", julukan Persib, yang memanfaatkan umpan dari Okto Maniani. Kedudukan berubah 4-0 untuk SFC.

Tertinggal empat gol, membuat lini serang Persib menaikan tempo permainan, dan berbuah beberapa peluang.

Striker Persib Cristian Gonzales mendapatkan peluang emas di menit 27, namun bola masih tertepis oleh kiper SFC Fauzal Mubarok.

Kesempatan kedua Persib melalui Fablo Frances di menit 31, namun bola mendatar yang lepaskan dapat terbaca oleh Fauzal.

Sehingga keunggulan 4-0 SFC tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, SFC yang mengejar defisit enam gol untuk melaju ke final IIC semakin tampil agresif.

Sementara, pemain Persib terlihat tidak dapat mengimbangi karena dilanda kelelahan setelah bermain habis-habisan melawan Persiba, (30/8).

Menit 50, umpan tarik Okto Maniani kepada Mahyadi hampir berbuah gol, namun bola masih melesat tipis dari tiang gawang.

Setelah optimal dalam memberikan umpan-umpan matang, kini giliran Okto yang menjebol gawang Persib di menit 57 setelah memanfaatkan umpan matang dari Budi Sudarsono. Kedudukan 5-0 untuk "Laskar Wong Kito".

Okto kembali menjebol gawang Persib di menit 70, setelah berada dalam posisi yang tepat untuk menerima bola muntahan yang diarahkan ke gawang oleh rekan satu timnya. Kedudukan berubah 6-0 untuk SFC.

Menit 80, Cristian Gonzales mendapat peluang emas, namun bola masih dapat ditangkap Fauzal.

Persib beberapa kali melakukan serangan, tapi selalu dimentahkan lini pertahanan SFC.

Hingga pertandingan usai, kedudukan 6-0 untuk SFC tidak berubah.

Sepanjang babak pertama pelatih SFC Ivan Kolev menurunkan, penjaga gawang Fauzal Mubarok, pemain belakang : Supardi, Ahmad Jufrianto, Mandez Claudiano Do Santos, pemain tengah : Mahardirga Lasut, Ponaryo Astaman (kapten), Budi Sudarsono (Ade Suhendra 82`), dan pemain depan : Okto Maniani (Bobby Satria 72`), Park Jung Hwan, dan Mahyadi Panggabean (Ardiles Rumbiah 90`).

Sementara pelatih Persib Darko Janakovic menurunkan, penjaga gawang Dedy Heryanto, pemain belakang : Wildansyah, Abdul Rahman, Baihakki Khaizan, Isnan Ali, pemain tengah : Jejen Zainal, Hariono (kapten0, Esteban Vizcarra, Siswanto (Rahmad Affandi 45`), dan pemain depan : Fablo Frances, dan Cristian Gonzales.  (ANT-039/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010