Jakarta (ANTARA News) - Kepuasan warga Amerika dengan komputer pribadi mereka telah meningkat dalam dekade terakhir, namun konsumen masih sangat suka Mac Apple dibanding PC Windows.

Laporan American Customer Satisfaction Index yang dirilis Selasa menunjukkan semua PC terus membaik pada 2010, dengan kepuasan konsumen naik rata-rata 4 persen dari tahun lalu. Konsumen sangat senang dengan komputer mereka, survei menunjukan peringkat pengguna berusia 16 tahun yang menggunakan PC antara 78 dari 100. Naik dari tahun-tahun sebelumnya.

Hewlett-Packard (HPQ, Fortune 500), Dell, Acer dan pembuat PC lainnya mencapai peringkat yang lebih tinggi tahun ini daripada yang mereka lakukan di 2009: Mereka diikat dengan peringkat kepuasan 77. Tahun sebelumnya, semua pembuat PC mencetak peringkat 74 - kecuali untuk Dell yang memiliki skor 75.

Tapi peringkat kepuasan Apple juga naik tahun lalu, bertiup melewati pesaingnya dengan skor 86, naik dari 84 pada 2009. Tahun ini menandai tahun berturut ketujuh di mana Apple memimpin kategori PC.

"Aset terbesar Apple ialah komitmen untuk berinovasi dalam kurun waktu yang lama," kata David VanAmburg, managing director ACSI, sebuah kelompok riset yang berbasis di Ann Arbor. "Produk lainnya membaik, namun seluruh dunia memandang ke Apple ketika datang dengan produk baru setiap tahunnya."

Beberapa kegembiraan yang berasal dari Apple ialah "reality distortion field," terdapat kombinasi pemasaran yang brilian dan aura Steve Jobs yang menciptakan tingkat kegembiraan tentang perusahaan dan produk-produknya.

Dominasi baru-baru Apple dalam kepuasan PC juga ditanggapi oleh perusahaan perangkat lainnya. Apple mendominasi pasar portable musik dengan deretan iPodnya, yang mendorong pasar ponsel pintar ke tingkat atas dengan iPhone dan kembali menciptakan pasar tablet dengan iPad.

Apple berpendapat bahwa dengan menciptakan pengalaman pelanggan besar di sekitar perangkat populer, ia dapat menghasilkan asosiasi yang positif dengan produk lainnya, termasuk garis Macintoshnya.

Strategi itu jelas melunasi: Penjualan komputer Mac menetapkan penjualan triwulan tertinggi sepanjang masa. PC lain siap merebut posisi Apple.

Namun, pangsa pasar PC Apple adalah kecil. Di Amerika Serikat, hanya 9% dari pasar, menurut IDC. Secara global, itu lebih kecil, dengan sekitar 5% dari komputer yang menjalankan Mac OS, menurut Net Applications.

Pangsa pasar Apple yang kecil memiliki banyak hubungan dengan harganya. Disetiap level produk, produk Mac Mini dijual dari 699 dolar, dan MacBook 999 dolar.

Meskipun harga Apple sangat mahal tapi menimbulkan perkembangan kecil, fans setia dan fanatik, alternatif murah dari pesaing semakin jauh lebih baik, terutama sekarang bahwa pengiriman PC dengan Microsoft jauh lebih baik dengan sistem operasi Windows 7.

Sementara laptop MacBook Apple mencetak gol mendekati peringakat teratas pada kategori survei Consumer Reports baru-baru ini, Majalah berpengaruh itu menempatkan laptop Toshiba 13-inchi, satelit T-235 seharga 599 dolar lebih tinggi dari Apple White MacBook 13-inch seharga 999 dolar.

Ia juga mengatakan laptop HP dv7 17 inchi berharga 1.150 dolar lebih baik daripada Apple MacBook Pro 17-inch, yang menjual persis dua kali lebih mahal 2.300 dolar.

"Windows 7 telah menjadi sangat populer, dan harga PC turun," kata VanAmburg. "Perhatian terbesar Apple ke depan adalah bahwa pesaing akan segera mulai menyaingi kualitas Apple, tetapi penawaran PC mereka akan jauh lebih sedikit."

Untuk saat ini, Apple  memimpin sembilan poin di atas kompetitor terdekatnya pada indeks ACSI's, Apple bercokol aman di puncak peringkat kepuasan konsumen.

Sebaliknya, hampir yang terlupa HP Compaq, tampaknya memiliki kunci di bagian bawah. kepuasan rating Compaq, tidak berubah dari tahun lalu, adalah yang terendah dari semua yang disurvei tahun kesembilan yang stabil. Itu hanya merek PC yang tidak meningkat dari 2009, demikian CNN.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010