Jakarta (ANTARA) - Pemain Atlanta Trae Young mencetak angka tertinggi sepanjang karir playoff-nya, 48 poin, dan Hawks menundukkan tuan rumah Milwaukee Bucks 116-113 pada gim pembuka final NBA Wilayah Timur.

Young yang juga menyumbang 11 assist dan tujuh rebound mencetak 12 poin pada kuarter keempat untuk mencetuskan reli yang menggagalkan Bucks.

"Kami hanya terus berjuang hingga akhir, tidak peduli berapa skornya," kata Young seperti dikutip AFP, Kamis. "Itulah yang akan kami lakukan. Kami akan terus berjuang."

Young menghasilkan poin terbanyak dibanding pemain manapun yang berhasil mencapai debut final wilayahnya sejak NBA mengadopsi format wilayah tersebut 50 tahuh lalu.

Seri best-of-seven berlanjut Jumat di Milwaukee dengan pemenangnya maju ke Final NBA untuk bertemu Phoenix Suns atau Los Angeles Clippers.

John Collins mencetak 23 poin dan meraup 15 rebound sementara Clint Capela menyumbang 12 poin dan 19 rebound.

"Orang-orang mengabaikan tim ini, menganggap enteng kami, sehingga bagi kami tampil di sini dan memperoleh kemenangan adalah saat-saat yang hebat," kata Collins.

Baca juga: Dunk detik terakhir dari Deandre Ayton bawa Suns memimpin 2-0

Bintang asal Yunani Giannis Antetokounmpo memperoleh 34 poin, 12 rebound dan sembilan assist sementara Jrue Holiday menyumbang 33 poin dan 10 assist bagi Bucks dalam kekalahan tersebut.

"Kami akan menjadi lebih baik," kata pelatih Bucks Mike Budenholzer. "Kami akan semakin pintar dalam pertandingan demi pertandingan."

Ini merupakan kekalahan kandang pertama Milwaukee dalam playoff musim ini.

"Young adalah pemain hebat," kata Budenholzer. "Ia mengalami malam yang luar biasa. Kami merasa seperti kami bisa bermain lebih baik."

Collins mencetak delapan poin, enam dari dunk, dan Young menambah tujuh dalam laju perolehan angka Atlanta 21-8 yang memberi Hawks keunggulan 79-73 pada penghujung kuarter ketiga sebelum Bucks melaju.

Antetokounmpo mencetak enam poin untuk memimpin laju 13-2 poin Bucks untuk memimpin 105-98, namun Collins melakukan jumper dan Young, yang memasukkan 17 dari 34 tembakannya dari lapangan, menambah 3-point play untuk mengangkat Hawks kembali hanya terpaut dua poin.

Pertandingan berlangsung sengit sampai Collins mencetak tripoin dan Capela mencetak angka dari rebound yang mengangkat Hawks unggul 112-11 dengan waktu tersisa 29,8 detik.

Baca juga: Giannis Antetokounmpo akhirnya bawa Bucks ke final Wilayah Timur

Young menangkap bola lepas dan menceploskan dua lagi lemparan bebas, kemudian ia dan Antetokounmpo bertukar lemparan bebas pada detik-detik terakhir untuk menciptakan margin terakhir.

Khris Middleton, yang menghasilkan 0 dari 9 upayanya dari jarak tiga poin, gagal dalam upaya mengangkat level Bucks dari luar garis busur pada detik terakhir untuk memastikan kemenangan Atlanta.

"Saya percaya pada tim ini," kata Young.

Terdapat lebih dari 16.000 penonton di arena milik Bucks itu dan sekitar jumlah yang sama berada di luar menyaksikan melalui layar besar.

Hawks, yang sudah kalah dalam tujuh pertandingan sebelumnya di Milwaukee sejak 2016, berbasis di Milwaukee selama empat musim pada tahun 1950an. Mereka memenangi satu-satunya gelar NBA pada 1958 ketika berbasis di St. Louis. Mereka terakhir mencapai Final NBA pada 1961 ketika berbasis di St. Louis.

Bucks kalah dari Toronto pada final wilayah 2019 dan dari Miami pada semifinal wilayah musim lalu, namun Antetokounmpo memenangi penghargaan Most Valuable Player NBA pada kedua musim.

Bucks belum pernah mencapai Final NBA sejak 1974, ketika mereka kalah dari Boston dalam tujuh gim. Bucks memenangi satu-satunya gelar NBA pada 1971 ketika mereka menyapu Baltimore pada final.

Baca juga: Rebut gim keenam dari Jazz, Clippers ke final Wilayah Barat

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021