Polres Karawang maksimalkan pengawasan harga obat di apotek

Polres Karawang maksimalkan pengawasan harga obat di apotek

Jajaran Polres Karawang, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis, mengecek harga obat di apotek untuk antisipasi penjualan obat dengan harga tinggi. ANTARA/HO

... masyarakat yang mengetahui penjualan obat di atas HET, silakan laporkan, kami akan tindak secara hukum...
Karawang (ANTARA) - Polres Kabupaten Karawang memaksimalkan pengawasan harga obat di sejumlah apotek wilayah Karawang menyusul ada informasi masyarakat mengenai kenaikan harga obat.

Kasat Narkoba Polres Karawang, AKP Aji Setiaji, di Karawang, Kamis, mengatakan, mereka sudah mengerakan personel Tim Khusus Satuan Narkoba Polres Karawang untuk memantau secara langsung.

Baca juga: Polda Metro selidiki penjual obat yang dongkrak harga tak wajar

Pemantauan dilakukan untuk mengantisipasi  lonjakan harga obat hingga di atas harga eceran tertinggi (HET) selama masa pandemi COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Petugas sudah turun ke lapangan untuk memantau langsung. Sedikitnya ada 15 apotek di Karawang yang sudah didatangi," katanya.

Baca juga: Polda Metro segel toko obat yang naikkan harga tinggi di Pasar Pramuka

Ia mengatakan, dari informasi dan keterangan yang dihimpun, harga berbagai jenis obat masih relatif normal. Meski terjadi kenaikan, itu dianggap tidak signifikan kenaikannya.

Pengecekan harga obat itu sendiri dilakukan sesuai dengan Kemenkes tentang HET obat-obatan di masa pandemi Covid-19 berikut dengan penerapan PPKM Darurat.

Baca juga: Penjual obat harga lampaui HET Kemenkes ditangkap polisi

"Kami mengimbau para penjual obat di apotek-apotek agar tidak menjual di atas HET. Bagi masyarakat yang mengetahui penjualan obat di atas HET, silakan laporkan, kami akan tindak secara hukum," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polisi Gagalkan Pembuangan 78 Ton Limbah Beracun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar