Olimpiade

Timberwolves halang-halangi Juancho bela Spanyol dalam Olimpiade

Timberwolves halang-halangi Juancho bela Spanyol dalam Olimpiade

Pemain Minnesota Timberwolves Juancho Hernangomez (kiri) menghadap pemain Portland Trail Blazers Robert Covington dalam sebuah pertandingan NBA di Moda Center, Portland, Oregon, 7 Januari 2021. (Getty Images via AFP/STEPH CHAMBERS)

Jakarta (ANTARA) - Federasi Bola Basket Spanyol mengungkapkan Juancho Hernangomez dihalang-halangi memperkuat Spanyol dalam Olimpiade Tokyo oleh klubnya di NBA, Minnesota Timberwolves.

Hernangomez cedera bahu kirinya dua setengah pekan lalu tetapi Spanyol memasukkannya ke roster terakhir untuk Olimpiade yang sudah diserahkan Senin.

Hernangomez sudah berada Tokyo dan mengikuti upacara pembukaan Olimpiade, Jumat. Dia ingin turun bermain namun Federasi Bola Basket Spanyol diberitahu oleh Timberwolves bahwa Hernangomez tidak akan diizinkan bertanding.

Baca juga: Talenta NBA persengit persaingan basket Olimpiade Tokyo

"Juancho ingin bermain dalam Olimpiade, tetapi Juancho tak akan bisa bermain," kata presiden federasi Jorge Garbajosa dalam konferensi pers dari Tokyo seperti dikutip Reuters. "Kami sudah menggelar pertemuan medis yang tak terhitung jumlahnya dan kami tak pernah mendapatkan kata 'tidak.' Kami menerima jawaban 'ya'.

"Kami tak punya masalah dengan Minnesota Timberwolves atau NBA. Ini soal orang --bukan orang medis-- yang secara pribadi memutuskan Juancho tidak boleh bermain. Saya tengah membicarakan presiden operasi bola basket mereka (Gersson Rosas)."

Sabtu sore Rosas mengeluarkan pernyataan menjelaskan sikapnya.

"Kami mendukung keputusan pemain-pemain internasional kami bermain bersama tim nasional mereka dan menghargai hasrat Juancho dan Federasi Spanyol untuk mewakili negara mereka," kata Rosas. "Sayang, kami menghadapi cedera aktif."

Baca juga: Bintang NBA Finals absen bela Tim AS pada laga pembuka Olimpiade Tokyo

"Berdasarkan rekomendasi dokter tim kami, Juancho membutuhkan waktu untuk pulih dan merehabilitasi cederanya, dan jadwal tersebut membatasi kesiapan Juancho berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo. Rencana pemulihan yang sudah ditentukan adalah jalan ke depan yang terbaik demi kesembuhan Juancho."

Tim Spanyol menghabiskan waktu lima hari persiapan di Las Vegas sebelum terbang ke Tokyo. Garbajosa mengatakan Timberwolves ada di kota itu tetapi tak berusaha menemui Hernangomez selama jangka waktu tersebut.

"Jawaban mengenai apakah Juancho bisa bermain adalah 'ya' dan evaluasi selanjutnya adalah setelah Olimpiade," kata Garbajosa. “Sejak itu sampai Minnesota memberi tahu kami bahwa dia tak boleh bermain, ada serangkaian fakta yang menunjukkan keputusan itu bukan keputusan medis. Bahkan pelatih Timberwolves (Chris Finch) memberi selamat kepada Juancho karena sudah berada di Tokyo. Tidak ada yang meragukan dia bisa bermain."

Baca juga: Tim basket AS tekuk Spanyol pada pertandingan terakhir pra-Olimpiade

Hernangomez (25) memiliki rata-rata 7,2 poin dan 3,9 rebound dalam 52 pertandingan (enam kali menjadi starter) untuk Timberwolves musim lalu. Dia memiliki rata-rata karir 5,7 poin dan 3,5 rebound dalam 257 pertandingan (57 starter) selama lima musim bersama Denver Nuggets (2016-2020) dan Timberwolves.

Legiun NBA yang memperkuat Spanyol dalam Olimpiade Tokyo terdiri dari Ricky Rubio, Pau dan Marc Gasol, Alex Abrines dan Willy Hernangomez yang adalah kakak Juancho.

Willy Hernangomez mencuit foto dirinya dan Juancho turut merayakan seremoni pembukaan Olimpiade.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar