Jakarta (ANTARA) - Spanyol meraih kemenangan perdananya dengan susah payah di Grup C OIimpiade Tokyo 2020 setelah La Roja mengatasi Australia 1-0 pada Minggu, seperti dikutip dari laman resmi kejuaraan.

Dalam pertandingan ini, Spanyol melakukan beberapa perubahan dengan menurunkan Javier Puado di lini serang menggantikan Dani Ceballos yang cedera.

Sedangkan, Marc Cucurella dan Oscar Gil dimainkan di posisi bek sayap menggantikan Oscar Mingueza yang juga mengalami cedera. Martin Zubimendi, Pedri, dan Carlos Soler menjadi andalan di lini tengah.

Spanyol bermain mendominasi seperti biasanya. Mereka tak memberikan Australia kesempatan untuk mengembangkan permainan. Namun, La Roja tetap kesulitan untuk melakukan penyelesaian akhir saat menembus pertahanan Australia.

Baca juga: Spanyol diimbangi Mesir di laga pembukaan Grup C Olimpiade 2020
Baca juga: Spanyol kehilangan dua pemainnya saat bermain imbang lawan Mesir


Setelah babak pertama berakhir imbang tanpa gol, Spanyol coba meningkatkan intensitas serangan mereka di babak kedua. Namun, tim Negeri Matador ini kembali membuang-buang peluang berbahaya di depan gawang Thomas Glover.

Glover bermain cemerlang dengan melakukan lima penyelamatan dari peluang yang diciptakan Oyarzabal, Dani Olmo, dan Carlos Soler.

Spanyol mencoba melakukan alternatif dalam menyerang dengan memasukkan Marco Asensio, Bryan Gil, dan Rafa Mir di pertengahan babak kedua dan taktik tersebut ternyata membuahkan hasil, masuknya Asensio memang mengubah sedikit permainan Spanyol.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-81 ketika Spanyol dengan sabar membangun serangan dari sisi kanan. Asensio mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti dan disundul Oyarzabal ke tiang jauh gawang Glover. Skor menjadi 1-0.

Spanyol ingin berupa menambah gol lagi, tetapi upaya mereka belum membuahkan hasil. Hasil kemenangan tersebut membawa La Roja naik ke puncak klasemen Grup C dengan empat poin, unggul satu poin dari Australia di posisi kedua serta Argentina di posisi ketiga.

Argentina sendiri meraih kemenangan pertama usai mengalahkan Mesir dengan skor 1-0 beberapa jam sebelumnya. Spanyol dan Argentina akan berhadapan di partai terakhir pada 28 Juli, sedangkan di saat bersamaan Australia bertemu Mesir.

Baca juga: Argentina tekuk Mesir 1-0 di laga lanjutan Grup C Olimpiade Tokyo
Baca juga: Prancis menang dramatis 4-3 atas Afrika Selatan di Olimpiade Tokyo
Baca juga: Diwarnai dua kartu merah, Brazil ditahan imbang Pantai Gading 0-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021