Jakarta (ANTARA) -
Vaksinasi Merdeka Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada Minggu menyasar ratusan warga di kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, untuk mempercepat vaksinasi di Indonesia menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2021.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengatakan pada kegiatan hari pertama Vaksinasi Merdeka, ada 642 warga setempat disuntik vaksin dari total pendaftar 705 orang.

"Pendaftar ada 705 orang, dengan rincian divaksin 642 orang, lalu yang gagal vaksin ada 63 orang dengan alasan kendala kesehatan," kata Putu kepada wartawan di Jakarta Utara.

Kegiatan Vaksinasi Merdeka tersebut berlangsung di SD Negeri 03 Muara Angke, Rumah Susun Buddha Tzu Chi 2, Kantor RW 11 Muara Angke dan Kantor RW 022 Muara Angke.

Baca juga: Program Vaksinasi Merdeka targetkan 100 persen warga DKI divaksin
Baca juga: Warteg dan sertifikat vaksinasi


Selain vaksinasi, Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada 642 warga tersebut untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Kami juga menyalurkan bansos untuk warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat pandemi virus corona. Semoga ini bisa membantu saudara kami semua," ujar Putu.

Vaksinasi Merdeka diselenggarakan di 668 titik Gerai Vaksinasi yang tersebar di 900 RW di Jakarta dengan melibatkan 4.500 relawan yang terdiri atas 1.800 tenaga medis untuk pemeriksaan kesehatan dan vaksinator serta 2.700 tenaga non medis untuk observasi pascavaksinasi dan administrasi.

Target yang akan dicapai dalam Vaksinasi Merdeka adalah 200 suntikan per-RW per-hari mulai dari 1 Agustus hingga 17 Agustus sehingga dapat mencapai 3.060.000 suntikan pada saat HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021