Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi Merdeka yang diinisiasi oleh Polda, Korem 031/WB dan Binda Riau yang dipusatkan di Aula Zapin Polresta Pekanbaru untuk memeriahkan HUT ke-77 RI, Selasa.

"Saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi dan mendukung vaksinasi Merdeka ini," kata Edy Nasution saat menghadiri puncak Vaksinasi Merdeka di Aula Zapin Polresta Pekanbaru, Selasa.

Wakil Gubernur (Wagub) juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan dan mendukung pelaksanaan vaksinasi Merdeka dengan cara ikut vaksin bagi yang belum mendapatkan suntikan vaksin untuk mencapai kekebalan komunal, sehingga bisa meminimalisasi risiko terpapar virus corona.

Baca juga: Riau operasikan Mal Vaksinasi COVID-19 layani 500-600 dosis per hari

Baca juga: Gubernur Riau imbau masyarakat vaksinasi booster hadapi subvarian baru


"Dengan adanya kegiatan vaksinasi, diharapkan masyarakat Riau bisa mendapatkan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya, dan berharap pandemi COVID-19 segara berakhir," kata Edy Natar Nasution.

Sementara itu, Kapolda Riau Muhammad Iqbal mengatakan vaksinasi Merdeka bertujuan untuk meningkatkan target capaian vaksinasi di provinsi itu.

Pemerintah Pusat, kata Iqbal, telah menaikkan target capaian vaksinasi untuk Riau. Dalam kegiatan vaksinasi Merdeka ditargetkan  sebanyak 26 ribu dosis vaksin, baik untuk dosis pertama, kedua, ketiga (penguat) pertama dan kedua yang dimulai pada 14-16 Agustus 2022.

"Kami sengaja mengambil momentum hari kemerdekaan untuk melakukan percepatan guna menyelamatkan masyarakat lewat program vaksinasi, terutama vaksinasi penguat yang masih rendah," kata Iqbal.

Ia mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk memasifkan kembali vaksinasi COVID-19, karena target Riau yang semula 4 juta lebih menjadi 5 juta lebih yang harus divaksin dan Pemerintah Pusat menilai Riau bisa mencapainya.

Baca juga: Kapolda Riau: 350 titik di Riau lakukan vaksinasi massal

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022