Olimpiade

Ringkasan basket Olimpiade: pemecahan rekor bantu putri Jepang melaju

Ringkasan basket Olimpiade: pemecahan rekor bantu putri Jepang melaju

Pebasket Jepang Rui Machida saat tampil menghadapi Nigeria dalam penyisihan Grup B bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Senin (2/8/2021). ANTARA/REUTERS/AFLO/Naoki Morita.

Jakarta (ANTARA) - Pemecahan rekor assist yang terjadi dalam rangkaian lanjutan Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Senin, membantu tim putri Jepang melaju dan memesan satu tempat di babak perempat final.

Rekor tersebut dibukukan oleh guard Rui Machida yang mencatatkan 15 assist saat Jepang menundukkan Nigeria 102-83 di pertandingan terakhir penyisihan Grup B.

Mengutip dari laman resmi FIBA, torehan itu membuat Machida menyamai rekor assist terbanyak dalam satu pertandingan bola basket putri Olimpiade, yang dicapai Teresa Edwards bersama Amerika Serikat dalam Olimpiade Atlanta 1996.

Hasil pertandingan-pertandingan hari Senin juga mengkonfirmasi delapan negara yang akan tampil di babak perempat final yakni Spanyol dan Serbia dari Grup A, Amerika, Jepang dan Prancis dari Grup B serta China, Belgia dan Australia dari Grup C.

Baca juga: Walau gagal melaju, Rui Hachimura puji peningkatan basket putra Jepang

Berikut ringkasan hasil pertandingan-pertandingan bola basket Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung Senin seturut laman resmi kompetisi:

Jepang 102 - Nigeria 83 (Grup B Putri)

Setelah kalah melawan Amerika di laga kedua, Jepang bangkit untuk melumat Nigeria 102-83 dalam pertandingan terakhirnya di Grup B untuk memastikan diri lolos sebagai runner-up grup.

Machida memang tidak mencetak poin, tapi 15 assistnya berbuahkan 23 poin yang dikemas Saki Hayashi, 19 poin Yuki Miyazawa, 15 poin Maki Tamada, 12 poin Himawari Akaho dan 10 poin Nako Motohashi.

Sedangkan bagi Nigeria, Victoria Macaulay memimpin dengan raihan 18 poin, diikuti 13 poin Oderah Chidom serta 11 poin Ezinne Kalu.

Baca juga: Jatuh di kamar mandi, bintang NBA Australia tinggalkan Olimpiade

Amerika Serikat 93 - Prancis 82 (Grup B Putri)

Amerika melanjutkan catatan kemenangan beruntun mereka di Olimpiade menjadi 51 pertandingan berturut-turut saat menundukkan Prancis 93-82 untuk menyapu bersih fase penyisihan Grup B.

A'Ja Wilson mengemas 22 poin diiringi 17 poin dari Breanna Stewart, 15 poin milik Tina Charles dan 11 poin yang dicetak Brittney Griner.

Di kubu Prancis, Endene Miyem memimpin dengan 15 poin diikuti Sandrine Gruda 12 poin, Iliana Rupert 11 poin dan Marine Johannes 11 poin.

Baca juga: Tim putri Amerika Serikat sabet emas Olimpiade perdana basket 3x3

China 74 - Belgia 62 (Grup C Putri)

Raihan 100 persen fase penyisihan juga dibukukan oleh China yang mengatasi Belgia 74-62 dalam pertandingan ketiga Grup C.

Li Yueru kembali jadi penampil terbaik China lewat 14 poin dan delapan rebound, diikuti 11 poin dan tujuh rebound dari Li Meng serta masing-masing 10 poin yang dicetak Yang Liwei dan Pan Zhenqi.

Anna Meesseman jadi pengumpul angka terbanyak Belgia lewat 24 poin dibantu masing-masing 12 poin dari Kim Mestdagh dan Julie Allemand.

Baca juga: Klasemen medali Olimpiade: Indonesia naik posisi 35, China memimpin

Australia 96 - Puerto Rico 69 (Grup C Putri)

Australia memetik kemenangan perdana mereka di Tokyo seusai mengalahkan Puerto Rico 96-69, yang sekaligus memastikan kelolosan ke perempat final sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Marianna Tolo tampil begitu gemilang membukukan dwiganda 26 poin dan 17 rebound untuk Australia, disusul 19 poin dari Cayla George, 15 poin Jenna O'Hea, 12 poin Leilani Mitchell dan 10 poin Ezi Magbegor.

Jazmon Gwathmey sekali lagi jadi topangan Puerto Rico dengan memborong 26 poin, dibantu 13 poin Pamela Rosado, 12 poin Jennifer O'Neill dan 10 poin Ali Gibson, menutup penampilan perdana mereka di Olimpiade.

Baca juga: Berteman baik, atlet Qatar dan Italia berbagi emas di lompat tinggi
Baca juga: IOC tolak permintaan peringatan khusus peristiwa bom atom Hiroshima

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar