Jakarta (ANTARA News) - Seorang eksekutif Sony memberi petunjuk bahwa pihaknya akan menghadirkan sebuah ponsel Playstation ke pasaran, menyusul  bocoran foto produk itu beredar di internet.

Seperti dilaporkan Telegraph, foto-foto  tampil di situs Engadget, dengan gambar  paduan perangkat sony Ericsson dengan konsol game Playstation portabel.

Blog itu berspekulasi bahwa perangkat tersebut akan menggunakan  sistem operasi Google Android  terbaru, yang dikenal dengan sebutan Gingerbread, lengkap dengan  "Sony Marketplace" yang memungkinkan orang untuk mengunduh games khusus untuk perangkat itu.

Engadget memperkirakan perangkat itu akan diluncurkan secara resmi tahun depan, dan mungkin pengumuman mengenai ketersediaan Playstation Phone (Ponsel PS)  akan dilakukan pada ajang Mobile World Congress di bulan Februari.

Minggu lalu Sony menolak untuk berkomentar, meski begitu, Masaru Kato, kepala keuagan Sony memberi petunjuk tentang Playstation Phone.

Ia mengatakan melalui penterjemah "..ada pasar games yang berbasis ponsel, dan ada banyak perubahan yang terlihat di Nintendo, seperti juga kami, dalam bidang produk untuk para gamer. Ada pasar ponsel pintar dan lainnya atau bahkan pasar gaming di ponsel yang sangat populer di Jepang. Jadi pasar sendiri sangat ... meluas."

Ia menyebutkan ketertarikan Sony tertarik dalam pasar komputer tablet.

Terdapat spekulasi  bahwa Sony akan melisensi merek Playstation kepada lengan bisnisnya, Sony Ericsson Mobile. Pada bulan Juli tahun lalu, Nikkei, harian bisnis terkemuka di Jepang, melaporkan bahwa Sony tengah mengarah ke Produk itu.

Sony disebut-sebut telah menyusun tim khusus untuk perangkat tersebut, dan tim itu  membutuhkan anggota dari divisi Sony Ericsson,  tim multimedia dan tim gaming PlayStation Portable.

Pihak Sony disebut-sebut khawatir dengan  ancaman Apple iPhone. Lusinan studio game besar termasuk Capcom dan Electronic Arts, sedang mengembangkan games untuk perangkat Layar sentuh Apple, yang potensial mendukung iPhone dan iPod touch yang secara langsung menghadang konsol Sony PSP dan Perangkat genggam Nintendo DS.
(Yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010