Jakarta (ANTARA) - Indeks FTSE 100 di Bursa Saham London, Inggris, melemah pada awal perdagangan hari Kamis karena pelemahan pada saham raksasa energi melebihi optimisme atas sejumlah laporan pendapatan perusahaan yang kuat.

Indeks saham unggulan FTSE 100 beringsut 0,1 persen lebih rendah dengan produsen minyak utama BP dan Royal Dutch Shell menjadi yang turun terbesar.

Perusahaan asuransi Aviva naik 3,5 persen dan merupakan yang naik tertinggi di FTSE 100 setelah melaporkan kenaikan 17 persen dalam laba operasional semester pertama dan mengatakan akan mendistribusikan setidaknya 4 miliar pound (5,55 miliar dolar AS) kepada pemegang saham.

Baca juga: Saham Inggris naik 0,83 persen pada Rabu

Ekonomi Inggris tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan 1,0 persen pada bulan Juni, didorong oleh sektor jasa yang besar, dibandingkan dengan hasil jajak pendapat Reuters terhadap sejumlah ekonom yang menunjuk pertumbuhan bulanan sebesar 0,8 persen.

Indeks saham kapitalisasi menengah FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri datar dengan Cineworld memimpin kenaikan setelah berencana melakukan pencatatan saham di bursa AS, mengimbangi penurunan di sektor keuangan.

Baca juga: Saham perjalanan dan liburan angkat saham Eropa ke rekor tertinggi

 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021