Liga Belanda

Ajax buka musim dengan pesta lima gol tanpa balas kontra tim promosi

Ajax buka musim dengan pesta lima gol tanpa balas kontra tim promosi

Penyerang Ajax Sebastien Haller (kanan) melakukan selebrasi bersama Dusan Tadic seusai mencetak gol ke gawang NEC Nijmegen dalam laga pekan pembuka Liga Belanda 2021/22 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (14/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Maurice van Steen)

Jakarta (ANTARA) - Ajax membuka musim dengan pesta lima gol tanpa balas ke gawang tim promosi NEC Nijmegen dalam laga pekan pembuka Liga Belanda 2021/22 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Dusan Tadic mengemas dwigol dalam kemenangan 5-0 tersebut yang juga diwarnai gol-gol Sebastien Haller dan Noussair Mazraoui serta gol bunuh diri Bart van Rooij, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu jadi raihan yang lebih meyakinkan bagi Ajax untuk mengawali perjuangan mempertahankan gelar juara Liga Belanda, setelah pekan lalu mereka menelan kekalahan melawan PSV Eindhoven dalam pertandingan piala super Belanda yang dikenal sebagai Johan Cruijff Schaal.

Baca juga: PSV awali musim bekuk Heracles, AZ tumbang di markas RKC Waalwijk
Baca juga: Feyenoord hadapi Utrecht dalam final playoff tiket Liga Conference


Menghadapi NEC, yang sudah empat tahun absen dari kasta tertinggi sepak bola Belanda, tim besutan Erik ten Hag tampil agresif sejak sepak mula dan mampu membuka keunggulan pada menit keenam lewat sontekan Haller meneruskan umpan silang Mazraoui.

Empat menit berselang giliran Mazraoui yang mencetak gol dengan sundulannya menyambut umpan lambung dari Tadic demi menggandakan keunggulan Ajax.

Ajax menambah lagi keunggulan mereka jadi 3-0 pada menit ke-14 setelah VAR menyatakan bahwa bola upaya sapuan Van Rooij sudah melewati garis gawang NEC dan tercatat sebagai gol bunuh diri.

Dominasi Ajax terus berlanjut dan Tadic membuat kedudukan jadi 4-0 pada menit ke-20 memanfaatkan situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi barisan pertahanan tim tamu.

Enam menit jelang turun minum Tadic mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan kiriman Steven Berghuis, mantan kapten Feyenoord yang memutuskan membelot ke Ajax, semakin memperlebar keunggulan tuan rumah jadi 5-0.

Babak kedua tetap berlangsung satu arah dan Ajax melepaskan sedikitnya delapan percobaan tembakan lagi, tapi tak satu pun menjadi gol dan skor 5-0 tak berubah sampai peluit bubaran.

Ajax selanjutnya akan bertandang ke markas Twente pada Minggu (22/8) pekan depan, dua hari setelah NEC menjamu PEC Zwolle.

Baca juga: Pemain muda Ajax Amsterdam meninggal karena kecelakaan mobil
Baca juga: Dortmund boyong Donyell Malen dari PSV
Baca juga: Top skor Liga Belanda: kesuburan Giakoumakis tak mampu selamatkan VVV

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar