Paralimpiade Tokyo 2020

Jadwal Indonesia 30 Agustus: Empat atlet tampil di Paralimpiade Tokyo

Jadwal Indonesia 30 Agustus: Empat atlet tampil di Paralimpiade Tokyo

Dua atlet Indonesia yang akan tampil di cabang olahraga para-menembak Paralimpiade Tokyo 2020 Bolo Triyanto dan Hanik Puji Hastuti berlatih di Asaka Shooting Range, Tokyo. (ANTARA/HO-NPC Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat atlet Indonesia akan melanjutkan perjuangan Kontingen Merah Putih di Paralimpiade Tokyo 2020, Senin, diawali dengan cabang olahraga para-menembak melalui Hanik Puji Hastuti yang dijadwalkan turun di R2 nomor 10 meter Air Rifle Standing SH1 putri pukul 06:30 WIB.

Hanik akan melakoni babak kualifikasi bersaing dengan 20 peserta dari berbagai negara untuk bisa masuk tembus delapan besar sekaligus syarat ke final yang dijadwalkan berlangsung pada hari yang sama di Asaka Shooting Range, Tokyo, pukul 09:00 WIB.

Pada nomor ini, China menjadi negara dengan wakil terbanyak melalui Xiaohong Bai, Yaping Yan, dan Zhang Cuiping.

Sementara Inggris Raya dengan dua wakil Lorraine Lambert dan Lesley Stewart. Pun demikian dengan Korea Selatan melalui Toojeong Lee dan Tunri Lee.

Thailand juga mengirim dua atlet melalui Wannipa Leungvilai dan Chutima Saenlar. Lalu Turki melalui Cagla Bas dan Suzan Cevik.

Sementara sisanya satu wakil yakni Natalie Smith (Australia), Natascha Hiltrop (Jerman), Avani Lekhara (India), Roghayeh Shojaei (Iran), Emilia Babska (Polandia), Veronika Vadovicova (Slovakia), Anna Normann (Swedia), Iryna Shchetnik (Ukraina), dan Taylor Farmer (Amerika Serikat).

Baca juga: Para-menembak optimistis melaju hingga final Paralimpiade Tokyo

Selain Hanik, Indonesia juga memiliki wakil lainnya di cabang olahraga para-menembak yakni Bolo Triyanto yang turun R4 nomor 10 meter air rifle standing SH2 campuran

Bolo Triyanto akan debut di babak kualifikasi pukul 11:15 WIB. Sama seperti Hanik, di nomor ini juga delapan terbaik berhak melaju ke final yang dijadwalkan bergulir pukul 13:45 WIB.

Bolo Triyanto akan berjuang melawan 28 wakil dari negara lainnya. Sejauh ini, atlet para-menembak Indonesia telah melakukan serangkaian persiapan demi meraih hasil terbaik.

Meski ini merupakan kali pertama Indonesia mengirim wakil di cabang para-menembak, pelatih Aris Hariyadi optimistis Hanik dan Bolo mampu menembus final.

"Dari performa nilai yang selama ini sudah dicapai masing-masing atlet, semoga keduanya bisa masuk final, dengan harapan saat pelaksanaan pertandingan mereka berdua dalam kondisi fit, fokus dan mood terjaga," kata pelatih Aris Hariyadi, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Sejak tiba di Tokyo pada 23 Agustus lalu, Aris langsung menyiapkan sejumlah program latihan untuk dua atletnya tersebut. Mulai dengan latihan ringan, menembak gruping, hingga beradaptasi dengan cuaca dan arena tempat perlombaan.

Peruntungan kedua Jendi Pangabean

Indonesia juga bakal menurunkan atlet para-renang Indonesia Jendi Pangabean di nomor 100 meter gaya punggung putra S9 di Tokyo Aquatics Centre, Senin, pukul 07:11 WIB.

Jendi Pangabean tampil di heat dua, bersaing dengan enam peserta dari berbagai negara lainnya untuk bisa tembus empat besar agar lolos ke final yang dijadwalkan bergulir pada hari yang sama, pukul 15:14 WIB.

Bagi Jendi, ini merupakan kali kedua tampil di pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di dunia tersebut. Sebelumnya, dia juga turun di Paralimpiade Rio de Janeiro, Brazil, 2016. Kala itu, langkahnya terhenti di babak penyisihan usai finis di urutan keenam pada lomba heat dua dengan catatan waktu 1 menit 08,28 detik.

Adapun berdasarkan entry time yang terdaftar di laman resmi Paralimpiade Tokyo, catatan waktu terbaik Jendi Pangabean adalah 1 menit 05,91 detik. Angkat tersebut menempatkannya di urutan kelima.

Sementara Andrey Ugo Didier dari Prancis menempati posisi teratas dengan 1 menit 01,08 detik. Kemudian di posisi kedua ada Bogdan Mozgovoi (Komite Paralimpiade Rusia) yang memiliki catatan waktu 1 menit 01,16 detik.

Kemudian disusul Yahor Shichalkanau (Belarus) dengan 1 menit 02,26 detik dan Pereira Garbe (Brazi) yang memiliki catatan waktu terbaik 1 menit 05:31 detik.

Baca juga: Giliran Jendi Pangabean berjuang di Paralimpiade Tokyo 2020

Catatan waktu milik Jendi Pangabean berada satu tingkat di atas wakil Irlandia Barry Mc Clements dengan 1 menit 07,07 detik.

Berkaca dari entry time, perjalanan wakil Indonesia diprediksi sulit. Meski begitu,Dinda Ayu Sekartaji selaku pelatih para-renang Merah Putih mengatakan Jendi bakal hadir dengan persiapan matang.

Selama berada di Tokyo, Jendi terus berlatih setiap hari di Tokyo Aquatics Center. Selama hampir dua pekan sebelum perlombaan, Jendi menjalani latihan dengan mengikuti program pelatih yang telah disiapkan pelatih.

"Persiapan Jendi sangat baik. Ia terus latihan setiap hari sejak tiba di Tokyo,” kata Dinda dalam siaran resmi NPC Indonesia.

"Dengan adaptasi yang cukup lama dengan cuaca dan kolam renang di Tokyo, semoga Jendi bisa menunjukkan penampilan terbaik,” ujar Dinda berharap.

Debut Elvin di Paralimpiade

Selain para-menembak dan para-renang, Kontingen Indonesia juga memiliki Elvin Elhudia Sesa yang bakal debut di Paralimpiade Tokyo dengan turun pada cabang olahraga para-atletik nomor 400 meter putri T20.

Elvin bakal melakoni babak penyisihan pada heat dua di Olympic Stadium pukul 18:22 WIB. Setidaknya dia harus masuk tiga besar untuk mengamankan tiket final yang bergulir esok harinya pukul 18:38 WIB.

Merujuk pada data personal best setiap peserta di laman Paralimpiade Tokyo 2020, langkah Elvin ke final diprediksi tak mudah. Dia mengantongi catatan waktu terbaik 59,38 detik.

Angka tersebut menempatkan Elvin di urutan kelima dalam entry time yang tercatat di situs resmi. Sementara posisi pertama di tempati wakil Amerika Serikat Breanna Clark dengan 55,99 detik.

Kemudian Carina Paim (Portugal) memiliki catatan waktu 57,29 detik berada di urutan kedua. Situ Noor Iasah Mohamad Ariffin dari Malaysia menempati urutan ketiga dengan catatan waktu 58,55 detik.

Norkelys del ca Gonzalez Henriquez (Venezuela) 59,39 detik di posisi keempat. Kemudian wakil Indonesia berada di atas Benadett Biacsi (Hungaria) dengan personal best 1 menit 03,05 detik.

Baca juga: Profil atlet Paralimpiade: Elvin Sesa, andalan Ibu Pertiwi dari Masohi

Jadwal Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020, Senin, 30 Agustus 2021:

Para-menembak
06:30 WIB - Hanik Puji Hastuti - R2 - 10 meter Air Rifle Standing SH1 putri
11:15 WIB - Bolo Triyanto - R4 - 10 meter air rifle standing SH2 campuran

Para-renang
07:11 WIB - Jendi Pangabean - 100 meter gaya punggung putra S9

Para-atletik
18:22 WIB - Elvin Elhudia Sesa - 400 meter putri T20

Baca juga: (Round up) Tak ada medali hari ini, Indonesiaberada di urutan 52
Baca juga: Jaenal Aripin didiskualifikasi di nomor 400 meter Paralimpiade Tokyo
Baca juga: Syuci Indriani gagal ke final 100m gaya dada di Paralimpiade Tokyo

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Rizky Gushafa pertahankan medali emasnya pada PON XX Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar