Sentani (ANTARA News) - Perayaan Natal 2010 pada sejumlah gereja di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, dan sekitarnya pada Sabtu berlangsung aman dan tertib.

Umat Kristiani di sejumlah gereja di Kota Sentani mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 Waktu Indonedsia Timur (WIT) tampak melaksanakan ibadah Natal secara tertib mengikuti ibadah, seperti di Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua, ibadah Natal yang pimpin oleh Pendeta Moses Pulalo, M.Th.

Penjagaan oleh aparat keamanan di sekitar lokasi gereja juga tampak tidak berlebihan. Tidak terlihat petugas baik kepolisian membawa alat deteksi bom untuk memeriksa sejumlah orang yang hendak masuk gereja.

Serli, salah seorang jemaat Gereja Kristen Injili di Tanah Papua, di Sentani, mengatakan bahwa kondisi kondusif pada saat pelaksanaan ibadah Natal harus terus tetap terjaga sehingga warga merasa tenang dan aman dalam menjalankan aktivitas keseharian.

"Seperti perayaan Natal tahun-tahun sebelumnya, berlangsung tertib, hikmat dan aman tanpa ada gangguan apapun," kata dia.

Ia mengatakan, umat Kristiani yang melaksanakan ibadah Natal lebih banyak dibandingkan pada pelayaran malam kudus semalam karena Sentani dihujur hujan desar.

Ia pun mengemukakan, tidak sempat mengikuti ibadah malam kudus gara-gara hujan sejak pukul 18.00 WIT.

Sementara itu, pada Sabtu pagi cuaca di Kota Sentani saat ini cukup cerah berawan, dan lalu lintas di jalan protokol nampak sepi, serta pusat perbelanjaan tutup.
(T.KR-HLM/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010