Jayapura (ANTARA News) - Rekor selalu menang di kandang bagi tim Persipura Jayapura akhirnya dipatahkan Persiwa Wamena setelah bermain imbang 1-1 dalam lanjutan putaran pertama Liga Super Indonesia di stadion Mandala Jayapura, Selasa.

Tim Persipura bahkan lebih dulu ketinggalan dari tim sesama Papua, Persiwa Wamena, saat pemain Erik Weeks berhasil menjebol gawang kiper Yoo jae Hoon lewat tendangan bebas pada menit ke-13.

Gol balasan tim tuan rumah baru tercipta dimenit ke-69, lewat sang striker haus golnya yang juga kapten tim Boas Sollosa.

Pertandingan babak pertama yang dipimpin wasit Suharto dari PSSI berlangsung sengit dan saling jual beli serangan dengan tempo yang relatif cepat, sesuai karakter bermain tim asal Papua.

Tak ingin malu di depan publiknya, Persipura yang bermain dengan menurunkan semua pemain intinya terus menyerang pertahanan lawan lewat aksi-aksi pemainnya, namun kesulitan menerobos pertahanan Persiwa wamena yang dikawal ketat para pemainnya.

Stevy Bonsapia dan Tinus Pae yang diharapkan dapat membuat banyak peluang dan mencetak gol, juga terlihat kerepotan oleh pemain Persiwa.

Justru melalui skema serangan balik cepat, tim tamu Persiwa berhasil mencuri gol dari tendangan bebas peman asingnya Erick Weeks dimenit ke-13, setelah pemain belakang Persipura, Bio Paulin Piere melanggar pemain Pieter Rumaropen.

Gol semata wayang ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, pelatih Jaksen Tiago akhirnya menarik keluar Tinus Pae dan menggantikannya dengan Lukas Mandowen. Pergantian itu terbukti cukup efektif, di mana penguasaan bola dan serangan boleh dikatakan semuanya milik tim Persipura Jayapura.

Kerjasama Zah Rahan, Lukas Mandowen dan Ian Kabes serta Boas Sollosa berulang kali mengancam gawang Persiwa Wamena.

Puncaknya menit ke-69, saat umpan tarik pemain Ian Kabes tak dapat ditangkap sempurna kiper Persiwa Galih Efendi, berhasil dimanfaatkan Boas Solosa untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol itu membuat semangat anak-anak Persipura kembali bangkit dan terus menyerang, demikian pula tim tamu yang terus mempertontonkan kebolehannya.

Sayangnya hingga usai pertandingan tidak ada lagi gol tercipta dan skor 1-1 menutup pertandingan.

Pelatih Persipura Jayapura, Jaksen Tiago mengaku kecewa dengan hasil yang didapat anak asuhnya, meski demikian dirinya juga mengaku anak asuhnya sudah berusaha maksimal.

"Saya sejak awal sudah memperingatkan pemain agar jangan anggap enteng lawan dan mengawal setiap pergerakannya. Anak-anak memang sempat kesulitan menembus ketatnya pertahanan Persiwa. Hasil ini saya pikir sudah maksimal," kata Jaksen. seraya menambahkan hasil ini akan menjadi bahan evaluasi tim.

Sementara pelatih Persiwa Wamena Suharno, mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya.

"Saya salut dan puas dengan perjuangan anak-anak. Kami telah mengimbangi permainan cepat Persipura, tetapi kehilangan konsentrasi di menit akhir pertandingan membuat gol balasan akhirnya tercipta," katanya.(*)

(T.KR-MBK/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011