Jakarta (ANTARA News) - Negara-negara anggota ASEAN menyampaikan harapannya agar bangsa Mesir mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapinya melalui cara-cara yang damai dan demokratis.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pemerintah Indonesia selaku ketua bergilir ASEAN di Jakarta, Jumat.

Sebagai sahabat rakyat Mesir, negara-negara anggota ASEAN mengimbau seluruh pihak agar dapat menahan diri secara maksimal guna menghindari kerusuhan berdarah terus berlanjut.

ASEAN juga mengikuti dengan seksama dan dengan keprihatinan atas perkembangan yang terjadi di Republik Arab Mesir.

Sementara itu melalui perwakilan-perwakilan diplomatiknya di Mesir, dalam semangat solidaritas ASEAN, negara-negara Anggota ASEAN senatiasa akan memberi bantuan dan dukungan kepada para warga negara ASEAN yang terjebak dalam krisis ini.

"Kita akan mencoba mengelola masalah Mesir ini terutama bukan hanya posisi prinsip tapi juga kesiapan negara anggota ASEAN untuk membantu dalam memberi perlindungan terhadap warga negaranya yang berada di Mesir," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat dijumpai di Kantor Presiden.

Ia menilai masing-masing bisa memberikan sumbangsih yang tepat.

Pemberian bantuan tersebut, sejalan dengan pernyataan para Menteri Luar Negeri ASEAN mengenai Bantuan oleh Perwakilan-Perwakilan Negara ASEAN di Negara Ketiga kepada para Warga Negara dari Negara ASEAN dalam Situasi Krisis, di Kuala Lumpur, 25 Juli 2006.(*)

(Tz.G003/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011