Wagub jelaskan penyebab rob genangi ruas jalan menuju Ancol

Wagub jelaskan penyebab rob genangi ruas jalan menuju Ancol

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (7/11/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan penyebab rob atau banjir pesisir menggenangi sejumlah titik menuju pintu masuk kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, karena faktor lokasi yang rendah hingga intensitas curah hujan tinggi.

Karena itu, kata Riza, Jakarta memerlukan program pembangunan tanggul untuk merintangi kenaikan permukaan air laut ke daratan yang dikerjakan bersama pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Kampung Duku Kebayoran Lama Utara dilanda banjir satu meter

"Kita perlu punya program yang sudah dilaksanakan sejauh ini, di antaranya adalah pembuatan tanggul di sekitar pantai, itu sudah dilaksanakan bertahap dan memang memerlukan waktu untuk kerja sama," kata Riza di Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Air menggenangi sejumlah ruas jalan menuju gerbang barat Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu, di antaranya di Jalan Lodan Raya serta Jalan RE Martadinata pada Minggu.

Baca juga: DPRD DKI minta penanganan banjir di Jakarta jadi prioritas

Timbulnya genangan mencapai 40 sentimeter itu membuat lalu lintas kendaraan di sekitarnya melambat akibat naiknya permukaan air di Kali Ancol. Namun, beberapa kendaraan masih bisa melintasi jalanan di daerah tersebut.

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara dengan sigap mengerahkan satuan tugas pasukan biru untuk penanganan genangan, agar genangan tidak berlangsung lama dan cepat surut.

Sudin SDA Jakarta Utara juga menyiapkan dua pompa apung untuk membuang air yang menggenang di jalan menuju kali di sebelahnya dan juga 50 karung pasir untuk membangun tanggul sementara mencegah pasang air laut di kali Ancol meluap hingga ke jalan.

Baca juga: Kelurahan Cijantung bangun sumur resapan untuk cegah banjir

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sambut Imlek dengan atraksi barongsai dalam air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar