Pinangan tersebut kami terima"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendampingi puteranya, Edhie Baskoro Yudhoyono, meminang puteri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa, Selasa malam.

Putera bungsu presiden itu mengacungkan jempol setelah mengutarakan maksud hatinya. Hal itu terjadi setelah semua rangkaian acara pinangan selesai.

Acara itu sendiri dimulai sekitar pukul 20.30 WIB, dan selesai sekitar dua jam kemudian.

Rombongan keluarga presiden meninggalkan kediaman Hatta di kompleks Fatmawati Golf Mansion sekitar pukul 22.30 WIB. Sedikitnya 25 mobil mengiringi keluarga presiden tersebut.

Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono berada dalam sedan khusus. Presiden membuka kaca mobil sambil mengumbar senyum kepada wartawan, didampingi Ani Yudhoyono yang memangku sang cucu, Aira.

"Terimakasih, terimakasih," kata Yudhoyono sambil melambaikan tangan.

Sementara itu, Edhie Baskoro yang sering disapa Ibas berada di mobil lain bersama sang kakak, Agus Harimurti dan Anisa Pohan.

Tak sepatah kata pun keluar dari mulut Ibas.

Sekjen DPP Partai Demokrat itu hanya tersenyum dari balik kaca mobil yang tertutup rapat.

Satu-satunya gerak tubuh yang sempat diabadikan wartawan adalah ketika Ibas mengacungkan jempol sambil tersenyum lebar.

Acungan jempol Ibas itu disusul oleh satu kepastian dari Hatta Rajasa.

"Pinangan tersebut kami terima," kata Hatta sambil tersenyum sumringah, tanpa didampingi Aliya.

Hatta yang menghampiri wartawan setelah acara melukiskan acara berlangsung khusyuk, lancar dan penuh keakraban.

Setelah acara selesai, Yudhoyono dan keluarga meninggalkan kediaman Hatta dalam formasi iring-iringan persis seperti mereka mendatangi rumah Hatta.

Menggunakan sedan khusus, Presiden dan keluarga tiba di kediaman Hatta sekitar pukul 20.00 WIB.  Yudhoyono mengenakan batik kecoklatan, sementara Ani Yudhoyono mengenakan kebaya coklat keemasan.

Mobil presiden itu diapit dan diikuti rangkaian mobil lain yang sebagian besar ditumpangi anggota-anggota Pasukan Pengamanan Presiden.

Mobil anggota keluarga itu diikuti oleh dua bus besar yang ditumpangi sejumlah tokoh, antara lain politisi Partai Demokrat Hadi Utomo dan Menko Polhukam Djoko Suyanto.

Selain mengangkut kerabat, beberapa mobil juga mengangkut bingkisan dan aneka rangkaian bunga.

Pengamanan di sekitar lokasi acara diperketat. Setiap mobil yang ditumpangi tamu undangan diberi tanda khusus. Setiap kendaraan yang tidak dilengkapi tanda itu tidak boleh memasuki komplek perumahan tersebut.

Acara pertunangan Edhie Baskoro dan Siti Ruby Aliya Rajasa itu sendiri telah dipersiapkan sejak beberapa hari sebelumnya.

Panitia acara sudah sibuk sejak siang hari sebelum acara itu digelar, sedangkan petugas katering hilir mudik di sekitar kediaman Hatta.

Di luar rumah, sejumlah petugas penjaga keamanan mengatur arus lalu lintas di ruas jalan Fatmawati dan memastikan lokasi itu aman. Mereka bahkan mengerahkan satu unit mobil operasional petugas penjinak bom, dekat rumah Hatta itu.

Wartawan dilarang mendekat ke rumah Hatta. Mereka hanya boleh berada di sekitar pintu masuk komplek hunian mewah itu.(*)

F008*D013/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011