Ini merupakan apresiasi kepada seluruh insan Pupuk Indonesia Group, atas kerja keras dan inovasinya di bidang branding dan marketing
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih Gold Winner kategori BUMN Branding dalam ajang BUMN Branding & Marketing Award 2021 yang diselenggarakan Majalah BUMN Track dan DMID.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan ajang ini merupakan apresiasi kepada BUMN dan anak usahanya atas kinerja yang sangat baik dalam menghadapi kompetisi dan persaingan global, terutama dalam hal inovasi di bidang branding dan marketing di tengah pandemi COVID-19.

“Ini merupakan apresiasi kepada seluruh insan Pupuk Indonesia Group, atas kerja keras dan inovasinya di bidang branding dan marketing,” kata Gusrizal.

Selain Pupuk Indonesia, salah satu anak usahanya yaitu PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) juga berhasil meraih Bronze Winner kategori Anak Perusahaan BUMN subkategori Digital Branding dalam penganugerahan yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Gusrizal juga menyebutkan penghargaan ini adalah bentuk pengakuan publik atas program transformasi bisnis Pupuk Indonesia, yang mana salah satu pilar strategisnya adalah penerapan model bisnis yang lebih customer centric melalui program retail management.

Untuk mencapai sasaran tersebut, salah satu strategi Pupuk Indonesia adalah melalui product branding. Dalam hal ini, Pupuk Indonesia memiliki produk-produk yang menawarkan solusi lengkap pertanian, mulai dari produk pupuk, produk pengembangan, produk kimia, hingga jasa.

“Produk hulu-hilir pertanian ini terdiri dari benih, kemudian pupuk, baik organik, anorganik, dan hayati, kemudian produk pestisida, dekomposer, hingga beragam produk pascapanen,” jelas Gusrizal.

Dari segi komunikasi, Pupuk Indonesia memiliki saluran yang berdekatan dengan konsumen seperti 24 unit mobil uji tanah yang beroperasi di 27 provinsi, beragam kegiatan sosialisasi, uji aplikasi produk melalui demonstration plot, kegiatan gathering dan loyalty program, mengikuti berbagai pameran, dan sebagainya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga memiliki strategi digital branding melalui beragam aktivasi, di antaranya adalah digitalisasi media pemasaran “Sahabat Petani” melalui media sosial, hingga menyelenggarakan webinar dan podcast melibatkan petani milenial.

Dalam waktu dekat Pupuk Indonesia juga akan melakukan single branding untuk produk pupuk urea dan NPK komersial (nonsubsidi). Upaya ini merupakan bentuk penyeragaman branding produk pupuk dari lima produsen pupuk yang saat ini masih memiliki brand masing-masing.

“Dengan single branding ini, Pupuk Indonesia grup akan memiliki satu brand identity yang sama, sehingga perusahaan dapat meningkatkan daya saing,” jelas Gusrizal.

Selain branding, Pupuk Indonesia juga menerapkan berbagai strategi pemasaran, di antaranya adalah melakukan sentralisasi pemasaran untuk menyatukan aktivitas pemasaran di antara anggota holding. Pupuk Indonesia juga menerapkan customer centric model untuk meningkatkan penjualan pupuk komersial melalui kios dan distributor.

Upaya ini juga didorong melalui kolaborasi bersama stakeholder dalam program Makmur yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani melalui produk pupuk komersial. Tak hanya itu, Pupuk Indonesia juga menginisiasi berbagai kegiatan pemasaran kreatif, pemanfaatan teknologi digital di seluruh lini bidang pemasaran, hingga melakukan ekspansi global.

Sementara itu, CEO BUMN Track SH Sutarto menyatakan bahwa tema BUMN Branding & Marketing Award pada tahun ini adalah “Adaptive Through Collaboration in Order to Stay Relevant”. Dari pemaparan saat penjurian, Sutarto menyebutkan bahwa sudah banyak perusahaan BUMN yang adaptif dalam menghadapi perubahan model bisnis akibat pandemi COVID-19.

“Mereka (perusahaan BUMN) mampu mengelola strategi branding dan marketing, dan berkolaborasi baik di lingkup nasional maupun global,” katanya.

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup raih Indonesian Quality Award 2021
Baca juga: Tata kelola keuangan optimal, Pupuk Kaltim raih Best CFO Award 2021
Baca juga: Peran aktif distributor kunci kelancaran distribusi pupuk subsidi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021