Medan (ANTARA News) - Universitas Sumatera Utara menerima sebanyak 1.364 calon mahasiswa baru dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 melalui Jalur Undangan untuk tahun akademik 2011-2012.

Kepala Humas Universitas Sumatera Utara (USU), Bisru Hafi, di Medan, Rabu, mengatakan, sebanyak 12.043 peserta mendaftar ke perguruan tinggi tersebut mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 melalui jalur undangan.

Dari jumlah pendaftar tersebut, hanya 1.364 peserta yang diterima sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan. Mereka yang diterima tersebut akan menempati 46 program studi S1 reguler di perguruan tinggi negeri tertua di Sumatera tersebut.

"Mengenai kelulusan hasil SNMPTN jalur undangan yang diumumkan hari ini, dapat diakses atau dilihat di website www.snmptn.ac.id," katanya.

Ia mengatakan, bagi para peserta SNMPTN Jalur Undangan yang dinyatakan lulus atau diterima di USU diwajibkan untuk melakukan pelaporan pada 31 Mei dan 1 Juni 2011 di Gelanggang Mahasiswa USU mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB.

Mengenai kelengkapan yang harus dibawa pada saat melakukan pelaporan adalah Kartu SNMPTN 2011 Jalur undangan asli, rapor asli dan fotokopi dilegalisir rangkap 2, ijazah asli dan fotokopi dilegalisir atau surat K

keterangan hasil ujian nasional asli dilengkapi foto ukuran 3x4 cm dan surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama.

Mengenai peserta yang diterima melalui program Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi), Bisru, mengatakan, kuota USU tahun ini sebanyak 350 orang yang diambil dan terintegrasi dari jalur undangan dan jalur ujian tulis/praktek.

"Untuk calon penerima Bidik Misi melalui jalur undangan di USU sudah terdapat sebanyak 332 orang dan nantinya akan ditambahkan dengan calon penerima Bidik Misi dari jalur ujian tulis," katanya.

Sementara Ketua Panitia Lokal SNMPTN Uiversitas Negeri Medan (Unimed) Prof Selamat Triono, mengatakan, jumlah calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur undangan sesuai dengan kuota yaitu sebanyak 787 yang nantinya akan menempati 38 program studi yang ada di Unimed.

Sedangkan jumlah calon mahasiswa yang akan mendapatkan program Bidik Misi yang disaring melalui jalur undangan tersebut sebanyak 469 orang, sedangkan jumlah yang akan diterima sebanyak 500 orang.

"Jumlah tersebut masuk merupakan calon yang akan menerima Bidik Misi, nantinya mereka akan disaring apakah mereka benar-benar dari keluarga yang miskin. Kalau dari jalur undangan belum cukup memenuhi kuota 500 orang, maka akan dicari lagi melalui jalur ujian tulis," katanya.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011