Jayapura (ANTARA News) - Ribuan pendukung Persipura, tim kebanggaan masyarakat Tanah Papua, yang keluar sebagai juara Liga Super Indonesia (ISL) ketiga kalinya musim 2010/2011, akan disambut dan diarak keliling dari Sentani di Kabupaten Jayapura hingga Kota Jayapura saat tiba pada 14 Juni mendatang.

Ketua Panitia Badan Liga Indonesia (BLI) Jayapura, Drs. Benhur Tommy Mano di Jayapura, Sabtu mengatakan, rapat persiapan penjemputan Boaz Salossa, dengan kawan-kawan telah berlangsung beberapa kali untuk membahas puncak acara yang ditunggu-tunggu puluhan ribu pendukung.

Dia memastikan Persipura didampingi pelatih jacksen F. Tiago, Manager Rudy Maswi dan Ketua Umumnya, Drs.MR Kambu tiba di Bandara Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura menggunakan pesawat Merpati Nusantara Air Lines (MNA) dari Samarinda, Kalimantan Timur pada 14 Juni.

Persipura mengunci gelas ISL ketiga kalinya di musim tahun 2010/2011 setelah menekuk tuan rumah Persisam, Samarinda 2-1, dalam laga tandang Rabu (9/6).

Dua gol penentu kemenangan sekaligus mengunci posisi juara 2010/2011 tercipta dari kaki kaki Ortizanz Salossa dan penyerang depan masa depan Indonesia, Titus Bonay atau Tibo.

Dikatakan, di Bandara Sentani, tim akan disambut secara adat Papua, tarian khas Papua dilanjutkan dengan konvoi dari Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura menuju Kota Jayapura sekitar 42 kilometer.

Untuk itu, Benhur meminta acara penyambutan harus tertib. Seluruh komponen pendukung terutama aparat keamanan polisi dibantu TNI pun telah siap mengamankan acara penyambutan dan perarakan.

Konvoi ini bakal ramai seperti yang pernah dilakukan tahun 2005 setelah Persipura menjadi campiun di bawah Pelatih Rahmad Dharmawan mengalahkan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno. Ketika itu, Persipura menang 3-1, tercipta dari kaki Boaz Salossa, Korinus Fingkreuw dan Ian Luis Kabes.

Konvoi pada 2005 sempat mengakibatkan aktifitas penduduk lengang.

Persipura kembali menjadi campiun kedua, 20 Juni 2009 setelah menghancurkan harapan Sriwijaya FC dengan skor 3-1 di Stadion Mandala, Jayapura. kebanjiran bonus dari pencinta sepakbola di Tanah Papua. Karyawan PT.Freeport Indonesia asli Papua misalnya memberikan hadiah emas batangan 23 karat kepada masing-masing pemain dan ofisial.

Persipura sukses pada musim 2010/2011 dengan berada di puncak klasemen sejak awal ISL bergulir hingga puncak musim dengan mengumpulkan 55 point dan empat kali kalah.

Kapten termuda Boaz Salossa sementara menjadi pencetak gol terbanyak dengan 20 gol.

Persipura masih menyisakan tiga pertandingan yakni melawan tuan rumah Bontang FC, 11 Juni di Stadion Mulawarman, Samarinda dan dua laga kandang masing-masing melawan PSPS Pekanbaru dan Semen Padang serta melakoni tim kumpulan bintang ISL 2010/2011 di Stadion Mandala, Jayapura, 26 Juni.
(*)

 




Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011