Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (7/1) banjir yang melanda beberapa bagian wilayah Kota Jayapura di Provinsi Papua menyebabkan setidaknya tujuh orang meninggal dunia dan memaksa sejumlah warga mengungsi dan beberapa bagian wilayah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur tergenang setelah hujan mengguyur kota.

Selain itu ada warta lain mengenai kemajuan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan kerugian yang timbul akibat kebakaran di kantor Dinas Sosial Kendari yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Banjir merenggut korban jiwa dan memaksa warga mengungsi di Jayapura

Banjir yang terjadi akibat hujan deras yang turun sejak Kamis (6/1) malam telah merenggut tujuh korban jiwa dan memaksa setidaknya 160 keluarga mengungsi di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Jonathan Koirewoa kepada ANTARA di Jayapura, Jumat, mengatakan bahwa menurut data sementara banjir telah menyebabkan tujuh orang meninggal dunia dan enam orang terluka.

Tanah longsor menyebabkan tujuh orang meninggal di Kota Jayapura

Tanah longsor yang terjadi di bagian wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua, menyebabkan tujuh warga meninggal dunia menurut pejabat kepolisian setempat. Menurut Wakil Kepala Polresta Jayapura Kota AKBP Suprapto di Jayapura, Jumat, tanah longsor menyebabkan tiga orang meninggal di daerah Nirwana, mengakibatkan dua orang meninggal di daerah Bhayangkara, dan menyebabkan kematian masing-masing satu orang di daerah APO Bengkel dan Klofkam.

Hujan deras akibatkan sejumlah wilayah di Surabaya tergenang

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat sore hingga menjelang malam menimbulkan genangan di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Tunjungan Plaza, Dharmawangsa, Airlangga depan Kampus B Unair, Lapangan Hokky, Ketintang, Ngagel Madya, Kertajaya, Mayjen Prof. Dr. Moestopo, Kusuma Bangsa, Mayjen Sungkono, Berbek Industri, dan Lebak Arum..

Indonesia masuk lima besar negara dengan cakupan vaksinasi tinggi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam jajaran lima besar negara dengan cakupan vaksinasi COVID-19 tinggi bersama China, India, Amerika Serikat, dan Brazil. "Berdasarkan data Our World in Data per tanggal 4 Januari 2022, Indonesia sudah menyuntikkan vaksin COVID-19 sebanyak 281.574.183 dosis," katanya.

Kerugian kebakaran di Kantor Dinas Sosial Kendari ditaksir Rp1 miliar lebih

Kebakaran yang terjadi di Kantor Dinas Sosial Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ditaksir menimbulkan kerugian hingga Rp1 miliar lebih. "Saya belum bisa memastikan, tapi kalau bangunan ini tentu saya pikir barangkali di atas Rp1 miliar," kata Kepala Dinas Sosial Kendari Abdul Rauf.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022