Jakarta (ANTARA) - Dalam sepekan ini banjir dan tanah longsor melanda Kota Jayapura, status Gunung Dempo meningkat menjadi waspada, dan Indonesia masuk dalam daftar lima besar negara dengan cakupan vaksinasi COVID-19 tinggi.

Selain itu ada warta mengenai kemajuan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan penjelasan BMKG mengenai fenomena Aphelion yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Banjir merenggut korban jiwa dan memaksa warga mengungsi di Jayapura

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa bagian wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua, menyebabkan setidaknya tujuh orang meninggal dunia dan memaksa sejumlah warga mengungsi.

BMKG sampaikan klarifikasi perihal dampak fenomena Aphelion

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan klarifikasi perihal dampak Aphelion, fenomena astronomis yang terjadi setahun sekali pada bulan Juli, ketika posisi Matahari berada di titik terjauh dari Bumi. "Aphelion tidak berpengaruh signifikan terhadap suhu di Bumi. Hal itu termasuk pada periode Bumi letaknya lebih dekat dengan Matahari (Perihelion)," kata Pelaksana Tugas Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko

Gunung Dempo statusnya naik menjadi waspada

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral menaikkan status aktivitas Gunung Dempo di Sumatera Selatan dari level 1 (Normal) menjadi level 2 (Waspada).

Indonesia masuk lima besar negara dengan cakupan vaksinasi tinggi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam jajaran lima besar negara dengan cakupan vaksinasi COVID-19 tinggi bersama China, India, Amerika Serikat, dan Brazil.

Lebih dari 116 juta warga sudah dapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19

Warga Indonesia yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 pada Sabtu bertambah 455.024 menjadi total 116.569.908 orang menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022