Jakarta (ANTARA News) – Kantor pusat Schneider Electric (dikenal juga sebagai The Hive1), menjadi gedung pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi ISO 50001 karena telah memenuhi standar sistem pengelolaan energi.

The Hive, akronim dalam bahasa Perancis untuk "The Hall of Innovation and Energy Showcase", merupakan bangunan seluas 35.000 meter persegi yang mengakomodasi lebih dari 1.800 karyawan di Rueil-Malmaison, Perancis.

Schneider Electric berkomitmen untuk terus meningkatkan efisiensi energi dari bangunan-bangunannya di seluruh dunia untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membuat karyawan yang bekerja di dalamnya lebih nyaman.

"Sertifikasi terbaru ini memberikan pengakuan terhadap komitmen kami akan efisiensi energi dan keahlian kami di bidang ini," ujar Jean-Pascal Tricoire, President & Chief Executive Officer Schneider Electric, dalam siaran pers.

"Selain itu yang juga penting, bagi kami adalah untuk memberikan standar tertinggi pengelolaan energi, baik untuk bangunan pelanggan kami maupun milik kami sendiri. The Hive memberikan contoh yang sangat berharga untuk dapat kami manfaatkan dalam mengembangkan solusi performa energi operasional serta memberikan nilai tambah bagi pelanggan kami."

Standard ISO 50001 terbaru mensyaratkan adanya pengembangan, implementasi, perawatan dan perbaikan sistem pengelolaan energi. ISO 50001 dirancang untuk membantu perusahaan secara berkelanjutan meningkatkan performa energi atas bangunan industri dan komersial, mengoptimalkan penggunaan energi, dan mengurangi biaya operasional. ISO 50001 secara resmi diumumkan pada tanggal 15 Juni 2011.

Untuk memenuhi tuntutan standar terbaru, Schneider Electric mulai menyesuaikan sistem pengelolaan energinya pada akhir tahun 2010, berdasarkan berbagai konsep.Pemenuhan standard ISO 50001 oleh Schneider Electric ini sendiri telah diakui oleh AFNOR Certification2.

Tricoire mengatakan tahun lalut The Hive merupakan bangunan pertama di Perancis yang menerima sertifikasi HQE Exploitation, ISO 14001 dan standar NF EN 16001.

Situs bangunan Schneider Electric lainnya sedang diupayakan untuk mengikuti pencapaian The Hive.

Bangunan komersial dan penelitian dan pengembangan di Grenoble, sebagai contoh, telah mendapatkan sertifikasi NF EN 16001 dan sekarang sedang menyiapkan untuk dapat memenuhi standar ISO 50001 terbaru.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011