Banyak saudara saya di luar Papua yang pesan kaos Persipura...
Jayapura (ANTARA News) - Penjualan kaos tim kebanggaan Papua, Persipura, berjuluk "Mutiara Hitam" laris terjual menjelang partai Persipura melawan tim pemain bintang pilihan masyarakat di stadion Mandala Jayapura, Jayapura, pada Rabu malam nanti (29/6).

ANTARA di Jayapura, Selasa malam, melaporkan, kedatangan tim Persipura itu membawa pengaruh besar bagi para pedagang kaus yang sehari-harinya berjualan di pinggiran Jalan Sam Ratulangi Jayapura.

Apalagi itu adalah keluaran terbaru dengan tiga bintang, yang mengartikan Persipura berhasil keluar sebagai juara ISL untuk ketiga kalinya.

Selain itu, warga yang ingin menyaksikan laga "Perang Bintang" dan selebrasi penyerahan piala kemenangan Persipura sebagai juara Liga musim ini, diharuskan menggunakan kaus Persipura.

Permintaan tinggi warga akan kaus tim Persipura ini, membuat banyak pedagang yang beralih menjualnya. Di mana-mana ada kaus beragam ukuran bergambar tiga bintang itu dijual.

Kaus Persipura yang paling banyak diminati masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya adalah kaus yang bertuliskan nama Boaz Salossa.

Alex Lian, salah seorang pedagang yang ditemui ANTARA, menyatakan, sejak Persipura berhasil keluar sebagai juara ISL pada musim kompetisi 2010/2011, kaus kebesaran Persipura laris terjual.

"Omset penjualan baju Persipura mengalami peningkatan hingga seratus persen dibandingkan hari-hari biasanya," katanya.

Menurut dia, bukan saja kaus Persipura yang menjadi incaran para pencinta sepak bola di Papua, tetapi permintaan sejumlah asesoris dan pernak-pernik juga mengalami hal yang sama.

"Ya, asesoris seperti syal, topi, dan gantungan kunci juga mengalami peningkatan yang sama," ujarnya.

Menyinggung soal harga, jelasnya, kaus Persipura dijual mulai harga Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. Sedangkan untuk asesoris dihargai Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Sementara untuk kaos Persipura ukuran anak-anak dijual mulai dari Rp40 ribu hingga Rp70 ribu.

Abdullah Lestaluhu, salah seorang warga Jayapura yang ditemui sedang membeli kaos Mutiara Hitam di daerah Mandala mengatakan, dirinya sengaja membeli dalam jumlah besar, karena akan dibagikan kepada keluarganya.

"Banyak saudara saya di luar Papua yang pesan kaos Persipura," ujarnya.

(ANT.KR-MBK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011