Jakarta (ANTARA News) - Anda pasti takjub melihat jumlah pengguna Google Android setiap harinya dan tak heran ponsel pintar ber-0S Google Android memimpin pasar ponsel pintar dan menggoyahkan dominasi Nokia.

"Ada sekitar 500 ribu lebih pengguna yang mengaktifkan perangkat Android setiap harinya, angka itu meningkat 25% dari awal Mei," kata Andy Rubin, Kepala Bisnis Perangkat Lunak Google Android.

Sebelumnya, Google telah mengatakan pada 10 Mei, ada sekitar 400 ribu pengguna yang mengaktifkan perangkat Google Android setiap harinya pada saat itu. Pada 8 Desember 2010, Rubin telah me-tweet ada sekitar 300 ribu lebih pengguna yang mengaktifkan ponsel Android setiap harinya.

Rubin mengatakan tingkat pertumbuhan Android setiap minggunya sekitar 4,4 persen, tapi dia tidak mengungkapkan berapa banyak pengguna yang mengaktifkan Android pada ponsel pintar dan tablet yang relatif masih baru dalam persaingan perangkat nirkabel.

Dalam popularitas, ponsel pintar Android telah melampaui iPhone Apple Inc karena kekuatan perangkat lunak Google Android terletak pada produsen handset utama seperti Samsung Electronics Co Ltd, HTC Corp dan Motorola Mobility Holdings Inc

Perusahaan-perusahaan itu juga telah mengembangkan komputer tablet berbasis pada perangkat lunak Android untuk bersaing dengan pemimpin pasar iPad Apple.

Saham Google naik 11,58 dolar atau 2,4 persen pada 494,38 dolar di Nasdaq, demikian dikutip dari Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011