Bank of Canada dijadwalkan akan membuat pengumuman mengenai tingkat suku bunganya pada 19 Juli mendatang.
Ottawa (ANTARA/AFP) - Harga konsumen di Kanada naik 3,7 persen pada periode 12 bulan yang berakhir Mei, kenaikan tertinggi dalam delapan tahun, terutama disebabkan harga bensin yang lebih tinggi demikian lembaga pemerintah mengatakan, Rabu.

Harga bensin meningkat 29,5 persen, ini adalah kenaikan terbesar sejak September 2005, pada saat harga naik sebagai akibat dari amukan badai Katrina, kantor Statistik Kanada mengatakan.

Masyarakat Kanada membayar lebih mahal untuk komoditas seperti daging, roti dan susu, juga premi asuransi kendaraan penumpang, sepatu, pakaian anak dan juga pakaian pria, listrik serta bahan bakar minyak.

Berbasis bulanan, harga konsumen naik 0,2 persen pada Mei dibanding April.

Inflasi lebih tinggi ketimbang perkiraan para analis, yang mengatakan inflasi dapat menekan Bank of Canada menaikkan suku bunga, yang sudah dipatok pada level 1,0 persen sejak Oktober lalu.

Indeks inti bank sentral, digunakan untuk penetapan suku bunga, secara relatif tetap stabil pada posisi 1,8 persen pada Mei 2011.

Indeks tersebut tidak termasuk elemen yang berubah-ubah seperti harga bensin.

Semua memprediksi bank sentral, yang mengisyaratkan akan menaikkan tingkat suku bunga pinjaman utama pada pertengahan 2012, akan terpaksa bergerak cepat dalam melakukan pengetatan kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun.

Bank of Canada dijadwalkan akan membuat pengumuman mengenai tingkat suku bunganya pada 19 Juli mendatang.
(S004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011