Beijing (ANTARA) - Sebanyak 34 orang di kalangan personel yang berkaitan dengan Olimpiade ditemukan terinfeksi COVID-19, kata komite penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Minggu.

Di antara yang dinyatakan positif COVID-19 adalah Natalia Maliszewska, atlet Polandia yang dijagokan meraih medali pada nomor seluncur lintasan pendek.

Selain Maliszweska, ada 13 atlet atau ofisial tim yang dinyatakan positif COVID setelah tiba di bandara pada Sabtu (29/1).

Dari jumlah total yang terinfeksi, 23 di antaranya adalah mereka yang baru tiba di bandara sementara 11 lainnya yang sudah berada di lingkungan tertutup.

Lingkungan terbatas itu memisahkan para personel penyelenggara Olimpiade dengan masyarakat umum sebagai upaya untuk menghadang penyebaran infeksi.

Di dalam lingkungan terbatas, para peserta Olimpiade bisa bergerak bebas antara tempat penginapan dan lokasi-lokasi pertandingan dengan menggunakan alat transportasi resmi.

Namun, mereka tidak diperbolehkan berkeliaran di wilayah kota.

Semua orang yang terlibat dalam Olimpiade tersebut, termasuk media dan staf, juga diharuskan menjalani tes COVID setiap hari.

Maliszewska adalah atlet kedelapan Polandia yang positif COVID dan telah menjalani isolasi, kata Komite Olimpiade Polandia, Minggu.

Australia, sementara itu, pada Minggu mengumumkan ada satu orang yang dinyatakan positif COVID di antara para anggota timnya, namun tidak menyebutkan orang yang dimaksud itu apakah atlet atau pelatih.

Penyelenggara Olimpiade Beijing telah memperingatkan bahwa kasus COVID akan semakin banyak dalam beberapa hari mendatang.

Peringatan itu dikeluarkan pada saat ibu kota China itu sedang memberlakukan langkah-langkah ketat.

Pemkot Beijing melarang peserta Olimpiade berkeliaran di kota tersebut ataupun melakukan kontak dengan penduduk setempat.

Tidak seperti banyak negara yang sedang berupaya untuk menjalani kehidupan bersama COVID-19, China telah mengisolasi diri dengan menerapkan kebijakan tanpa toleransi.

Negara itu juga membatalkan hampir semua penerbangan internasional.

Para atlet dan kontingen yang mengikuti Olimpiade harus mengambil penerbangan langsung ke kota tempat penyelenggaraan dengan pesawat sewaan.


Sumber: Reuters
Baca juga: Penyelenggara Olimpiade Beijing: China tak pernah manipulasi hasil tes
Baca juga: Puncak COVID di China diperkirakan terjadi jelang Olimpiade Beijing
Baca juga: COVID meningkat jelang Olimpiade, Beijing berupaya tekan penularan

 

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022