Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Kamis mengesampingkan prospek bantuan baru IMF untuk Yunani karena para pemimpin Uni Eropa bertemu di Brussels untuk menempa kesepakatan penyelamatan baru bagi negara itu.

"Ini hipotetis dan saya tidak akan pergi ke sana," kata juru bicara IMF David Hawley mengatakan dalam menanggapi permintaan wartawan tentang kesediaan IMF meminjamkan lebih banyak uang untuk Yunani.

Untuk saat ini, "pihak berwenang Yunani tidak meminta program baru dari Dana," kata Hawley.

Menurut rancangan perjanjian di KTT Uni Eropa - di mana Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde telah berpartisipasi - zona euro akan memberikan Yunani pinjaman baru dan mengambil langkah untuk mengurangi utang negara 350 miliar euro.

Para diplomat mengatakan kepada AFP zona euro bersama-sama dengan IMF sedang mempertimbangkan bantuan penyelamatan senilai 71 miliar euro (102 miliar dolar AS), tidak termasuk kemungkinan kontribusi dari sektor keuangan swasta. Teks rancangan tidak menentukan jumlah.

Dalam sebuah laporan Juni tentang status dari program pinjaman IMF saat ini dengan Yunani, Dana menawarkan sebuah skenario di mana ia akan melanjutkan pinjaman saat ini, sementara otoritas Eropa akan memberikan 71 miliar euro tambahan dan meminta kreditor swasta untuk menutup kekurangan sebanyak 33 miliar euro.

IMF dan Uni Eropa menawarkan Yunani tiga tahun, paket penyelamatan 110 miliar euro pada Mei 2010.

Tapi bailout itu telah terbukti tidak mencukupi, memaksa para pemimpin zona euro untuk merundingkan rencana darurat kedua untuk Yunani.

IMF memiliki 12,5 miliar dolar yang tersisa untuk menyalurkan ke Yunani hingga 2013, porsinya 30 miliar euro dari paket asli.  (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011