Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter, Minggu.

Pada siaran pers yang diterima ANTARA di Palembang, BMKG meminta nelayan, nakhoda, dan pengguna angkutan laut lainnya untuk mewaspadai gelombang tinggi ini yang dapat mengakibatkan kerusakan dan tenggelamnya kapal.

Potensi gelombang laut yang tinggi ini terjadi di Selat Bangka bagian utara dan selatan.

Para pengguna armada laut juga diminta mewaspadai kecepatan angin dari Barat-Utara yang diperkirakan mencapai 8 – 36 km per jam dengan cuaca hujan ringan.

Pada pagi hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih dan Pagaralam.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan petir di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Baca juga: BMKG: Warga Sumsel diminta waspada hujan disertai petir
Baca juga: BMKG: Kabupaten OKU Sumsel diperkirakan hujan lebat

Cuaca diperkirakan berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Timur, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lahat, Pagaralam, Musi Rawas Utara dan Palembang pada siang hingga sore hari.

Sedangkan pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan dan berpotensi hujan petir di wilayah Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin

Sementara itu, cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Selatan, PALI, Pagaralam, Lubuklinggau, Banyuasin dan Palembang pada malam hari.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan cerah berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 32 °C dengan kelembapan udara 60 % - 98 %.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 30 °C dengan kelembapan udara 65% - 100%.

Angin dari Barat – Utara diperkirakan berkecepatan 05 - 25 km per jam.

Dengan perkiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini ke sejumlah kabupaten/kota di Sumsel untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari.

Daerahnya meliputi OKI, OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Banyuasin. Pada malam hari di wilayah Muara Enim, PALI, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Baca juga: Suhu udara di Sumsel meningkat capai 33 derajat Celcius

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022