Baznas bergerak cepat agar pelayanan kesehatan gratis kepada fakir miskin terus berjalan maksimal. Kami mengupayakan lokasi sementara untuk beroperasi yakni di lobi Klinik Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat Baznas
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memastikan layanan kesehatan di Klinik Layanan Gratis Rumah Sehat Baznas di Jalan Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan, tetap berjalan kendati lantai 4 gedung itu terbakar pada Senin (7/2) tengah malam.

"Baznas bergerak cepat agar pelayanan kesehatan gratis kepada fakir miskin terus berjalan maksimal. Kami mengupayakan lokasi sementara untuk beroperasi yakni di lobi Klinik Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat Baznas. Kami berharap pelayanan kesehatan bisa terus berjalan," ujar Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, kebakaran melanda Klinik Layanan Gratis Rumah Sehat Baznas pada Senin (7/2) tengah malam sekitar pukul 23.40 WIB. Api melahap beberapa alat kesehatan, alat operasional, dan obat-obatan di klinik gratis bagi fakir miskin itu.

Kebakaran melahap lantai 4 yang biasa melayani kesehatan para masyarakat fakir miskin. Sementara lantai 1, 2, 3, dan 5 berhasil diselamatkan petugas pemadam kebakaran.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sebanyak empat orang petugas yang berjaga dapat diselamatkan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Mahdum menjelaskan hingga kini proses pembersihan terus dilakukan tim terkait. Pihaknya mengupayakan dalam beberapa hari ke depan, gedung bagian dalam dapat kembali digunakan mengingat hanya lantai 4 yang terbakar.

Lantai 4 Klinik Gratis Fakir Miskin Baznas ini digunakan sebagai lokasi pemberian layanan kesehatan gratis selama 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan.

Menurut dia, Klinik Gratis Fakir Miskin Rumah Sehat Baznas ini memberikan layanan gratis bagi 40 hingga 60 pasien dari keluarga fakir miskin setiap harinya.

"Api melahap lantai 4 gedung Layanan Klinik Gratis Fakir Miskin Baznas. Di sana ada berbagai alat kesehatan dan obat-obatan. Lantai 1 dan 2 aman dari api. Solusi terbaik terus kami upayakan sejak malam tadi agar krisis ini tidak berkepanjangan," kata demikian Mokhamad Mahdum.

Baca juga: BAZNAS Tanggap Bencana bangun pos kesehatan bagi korban erupsi Semeru

Baca juga: BAZNAS kerahkan tim kesehatan pantau kejiwaan warga saat COVID-19

Baca juga: Baznas bantu peserta BPJS Kesehatan tidak mampu

Baca juga: BPJS Kesehatan jelaskan mekanisme penerima bantuan Baznas

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022