Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mempertanyakan kebijakan afirmatif Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam melibatkan dan memberdayakan pemuda Kalimantan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pertanyaan ini disampaikan karena adanya perbedaan kualitas sumber daya manusia (SDM) setiap daerah di Indonesia, kata Teras Narang usai mengikuti Rapat Komite I DPD RI dengan Panglima TNI di Jakarta, Selasa.

"Perbedaan itu mulai dari aspek infrastruktur pendidikan yang masih belum setara, energi, hingga jalan yang kualitasnya tidak seperti di Pulau Jawa," ucapnya.

Baca juga: Anggota DPD: Pusat bantu daerah percepat digitalisasi pelayanan publik

Senator asal Kalimantan Tengah itu berharap Panglima TNI dapat melihat kesenjangan itu dalam memutuskan penerimaan hingga perkembangan karir putra putri daerah Kalimantan yang berkarya bagi bangsa melalui TNI.

"Jadi sungguh perlu kiranya satu kebijakan yang berpihak pada masyarakat di daerah," kata Teras.

Selain itu, lanjut Gubernur Kalimantan Tengah Periode 2005-2015 itu, terkait perkembangan SDM penting kiranya prajurit TNI yang ditugaskan di tingkat paling bawah memiliki kualitas sesuai kebutuhan wilayah.

Baca juga: Teras Narang tegaskan IKN bukan hanya untuk masyarakat di Kalimantan
Baca juga: Teras Narang minta masyarakat taat hukum sikapi EM


Dia mengatakan prajurit TNI diharapkan bisa menjadi bagian dari transfer of "knowledge" dan penggerak perubahan. Dengan begitu, hadirnya prajurit seperti Babinsa dapat dirasakan dan membantu masyarakat sekitar.

"Jadi, prajurit TNI di tingkat terbawah sekalipun dapat menjadi jembatan emas bagi masyarakat untuk hidup yang lebih baik. Bisa sebagai pendukung masyarakat dalam melakukan lompatan besar peningkatan pengetahuan maupun kesejahteraan," harap Teras Narang.

Menurut dia, kebijakan yang berpihak dan menggerakkan perubahan bagi masyarakat adalah bagian upaya TNI menghadirkan perlindungan dan pemberdayaan negara. Dengan demikian masyarakat merasa menjadi bagian penting dari Sishankamrata.

"Saya menyampaikan apresiasi dan harapan besar kepada Panglima TNI. TNI Manunggal bersama rakyat, membangun NKRI menjadi lebih hebat," demikian Teras Narang.
 

Pewarta: Kasriadi/Jaya Wirawana Manurung
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022