Cincinnati, Ohio (ANTARA News) - Petenis Novak Djokovic berhasil melaju ke babak semi final namun persiapan Rafael Nadal dan Roger Federer bagi AS Terbuka menemui hambatan di turnamen ATP Cincinnati Masters, pada Jumat.

Petenis nomor satu dunia Djokovic mengalahkan petenis asal Prancis Gael Monfils 3-6, 6-4, 6-3 dalam waktu dua setengah jam pada pertandingan Jumat malam itu.

"Itu adalah suatu pertandingan fisik, tetapi saya coba bertahan di sana dan itu adalah kemenangan yang baik," ujar Djokovic. "Itu juga suatu pertandingan yang hebat, banyak terjadi ketegangan."

Namun petenis unggulan kedua Nadal asal Spanyol dan sang maestro dari Swiss, Federer, mengalami kekalahan yang mengejutkan pada turnamen lapangan keras ATP Cincinnati itu pada ajang terakhir menjelang dimulainya AS Terbuka 10 hari lagi.

Nadal, petenis nomor dua dunia, dikalahkan oleh petenis unggulan ketujuh Mardy Fish dari AS 6-3, 6-4.

Dan Federer dikalahkan oleh unggulan delapan Tomas Berdych dari Ceko 6-2, 7-6 (7/3).

Djokovic memperbaiki rekornya musim ini dengan catatan menang-kalah 56-1 yang luar biasa, dan maju ke babak semi final untuk menghadapi Berdych.

Di bagian putri, petenis unggulan empat Maria Sharapova melaju ke babak semi ginal untuk tahun kedua berturut-turut, dengan mengalahkan petenis Australia Samantha Stosur 6-3, 6-2.

Sharapova akan menghadapi unggulan kedua Vera Zvonareva, yang kecolongan di set kedua tatapi akhirnya bisa mengalahkan petenis tanpa unggulan Daniela Hantuchova dari Slowakia 6-3, 7-6 (8/6).

"Saya memainkan suatu pertandingan yang benar-benar hebat dan melakukan banyak hal baik hari ini yang membuatnya kesulitan," ujar Sharapova. "Saya bermain agresif. Saya tidak memberinya banyak waktu untuk melakukan sesuatu yang suka dilakukannya saat dia bermain dengan baik, sepertinya saya menguasai sebagain besar poin."

Unggulan sembilan Andrea Petkovic dari Jerman juga maju ke semi final, dengan mengalahkan petenis Rusia Nadia Petrova 7-5, 6-1.

Petkovic akan menghadapi Jelena Jankovic untuk memperebutkan satu tempat di final setelah petenis Serbia itu maju ke semi final dengan mudah karena petenis China Peng Shuai mundur akibat mengalami cedera panggul kiri.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011