Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, Jawa Tengah, dalam rangkaian kegiatan Operasi Keselamatan Candi 2022 memberikan layanan tanpa turun kendaraan (lantatur) bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi COVID-19.

Kegiatan vaksinasi secara lantatur itu dilaksanakan di sekitar Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Candi 2022 di Markas Polresta Banyumas.

Saat ditemui wartawan, Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengatakan pada hari Selasa, pihaknya melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan 2022 yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 1-14 Maret 2022.

"Dalam operasi ini, kami melibatkan 139 personel. Tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, juga untuk memutus rantai penularan COVID-19," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam operasi tersebut pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya vaksinasi secara lantatur (drive thru) bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama, vaksin dosis kedua, maupun vaksin penguat (booster).

"Jadi tidak hanya vaksinasi booster saja. Kami juga melayani masyarakat yang akan vaksinasi khususnya ketika mereka melewati jalan, bisa mampir di alun-alun untuk melaksanakan vaksinasi," katanya menegaskan.

Menurut dia, pihaknya dalam kegiatan vaksinasi secara lantatur di Alun-Alun Purwokerto tersebut menyiapkan 350 dosis vaksin.

Baca juga: Polda Jateng gelar vaksinasi massal di 80 lokasi

Baca juga: Alumni Akabri 98 gelar vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Banyumas
Salah seorang pengendara sepeda motor mendapatkan suntikan vaksin dalam kegiatan vaksinasi secara lantatur yang digelar Polresta Banyumas di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (1/3/2022). ANTARA/Sumarwoto

Akan tetapi jika animo masyarakat cukup tinggi dan stok vaksinnya kurang, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas dan TNI untuk bersama-sama menggelar vaksinasi secara lantatur tersebut, sehingga tidak hanya Polri.

Kendati kegiatan vaksinasi secara lantatur di Alun-Alun Purwokerto digelar selama Operasi Keselamatan Candi 2022 yang berlangsung hingga tanggal 14 Maret 2022, dia mengatakan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan tetap melaksanakan kegiatan vaksinasi secara lantatur tersebut jika animo masyarakat tergolong tinggi.

Selain menggelar vaksinasi secara lantatur di Alun-Alun Purwokerto, lanjut dia, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi terhadap sopir-sopir truk, komunitas-komunitas, dan pengojek daring.

Kapolresta mengatakan pihaknya memfokuskan kegiatan tersebut pada pelaksanaan vaksinasi agar semua warga Kabupaten Banyumas bisa tervaksin demi kesehatan seluruh lapisan masyarakat.

"Kami berharap kepada masyarakat, mari sama-sama kita sukseskan operasi ini dengan patuh berlalu lintas. Yang kami ke depankan adalah kegiatan preventif, preventif dalam bertindak. Begitu juga kami selalu melakukan penindakan secara persuasif maupun humanis," katanya.

Salah seorang pengemudi mobil bak terbuka, Agam mengaku senang dengan adanya kegiatan vaksinasi secara lantatur yang digelar Polresta Banyumas.

"Kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan vaksin seperti saya. Terima kasih kepada Polresta Banyumas yang telah mengadakan kegiatan ini," kata dia yang baru mendapatkan vaksin penguat. 

Baca juga: BIN Jateng gelar vaksinasi bagi pelajar di Cilongok Banyumas

Baca juga: Bupati: Cakupan vaksinasi COVID-19 di Banyumas capai 42,6 persen

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022